Kerugian Korban Kasus TPPU Bos Jouska Capai Rp6 Miliar

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • ANTARA/Laily Rahmawaty

VIVA – Kerugian yang dialami oleh korban kasus penipuan, penggelapan, hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang melibatkan CEO PT Jouska Finansial Indonesia, Aakar Abyasa Fidzuno mencapai Rp6 miliar.

"Kerugiannya Rp6 miliar. Saat ini telah ditetapkan dua tersangka atas nama AAF dan TNP," ucap Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Komisaris Besar Polisi Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis 14 Oktober 2021.

Dia merinci, penyidik mengusut kasus ini menindaklanjuti empat LP (Laporan Polisi). Pada 13 Oktober lalu, penyidik telah memeriksa Aakar dan satu tersangka lain. Karena penyidikan masih berlangsung, Ramadhan mengaku belum bisa merinci lebih jauh soal materi yang didalami. Semisal terkait aset yang kemungkinkan disita oleh penyidik dalam kasus ini.

"Setelah dilakukan pendalaman akan dilakukan pemberkasan dan segera penyerahan tahap satu. Kami tunggu hasil dari penyidik," kata dia.

Baca juga: Harus Tahu Ini Agar Tak Kecewa dengan Asuransi Seperti Wanda Hamidah

Sebelumnya diberitakan, Penetapan tersangka Aakar tertuang dalam Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan Nomor: B/75/X/RES.1.11/2021/ Dittipideksus, tertanggal 4 Oktober 2021 yang ditujukan kepada Rinto Wardana. 

Surat diteken Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim atas nama Dirtipideksus Bareskrim Brigjen Helmy Santika.