Jadi Tersangka, Ini Penampakan Bupati Kuansing Tiba di Gedung KPK

Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Andi Putra
Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Andi Putra
Sumber :
  • Kominfo Kuansing

VIVA – Bupati Kuansing Andi Putra tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setelah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka buntut menerima sejumlah uang terkait perizinan hak guna usaha perkebunan sawit.

Andi tiba sekira pukul 18.44 WIB. Dia menggunakan baju putih dan jaket berwarna hitam. Turun dari mobil penyidik, Andi menenteng sebuah koper berwarna ungu. Dia enggan komentar soal penangkapannya.

Dia pun enggan meminta maaf telah melakukan suap. Andi memilih langsung masuk ke Gedung Merah Putih KPK. Dua orang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Selain Bupati Kuansing Andi Putra, ada General Manager PT Adimulia Agrolestari Sudarso.

Bupati Kuansing tiba di KPK.
Photo :
  • Foe Peace Simbolon/VIVA.

Bupati Kuansing tiba di KPK.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar kasus ini dimulai saat Sudarso mencoba menghubungi Andi agar perizinan hak guna usaha lahan kebun sawit yang dikelola oleh perusahaannya direstui di wilayahnya. Saat itu, izin hak guna usaha kebun sawit perusahaan milik Suharso akan berakhir pada 2024.

"Salah satu persyaratan untuk memperpanjang hak guna usaha dimaksud adalah dengan membangun kebun kemitraan minimal 20 persen dari hak guna usaha yang diajukan," kata Lili.

Tidak lama setelah permintaan itu, Sudarso dan Andi bertemu. Dalam pertemuannya, Andi menyebut perpanjangan hak guna usaha yang dibangun di wilayahnya membutuhkan uang minimal Rp2 miliar.