Detik-detik Pesawat Cargo Smart Air Jatuh di Bandara Ilaga

Pesawat cargo Smart Air jatuh di Bandara Aminggaru, Ilaga.
Sumber :
  • ANTARA/HO/pihak ketiga

VIVA – Pesawat cargo Smart Air jatuh di Bandara Aminggaru, Ilaga Kabupaten Puncak Papua, mengakibatkan Capten Pilot R Kurtadi meninggal dunia. Pesawat jatuh sekitar pukul 07.30 WIT.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Pesawat terbang dari Bandara Moses Kilangin Timika. Dalam pesawat tersebut hanya ditumpangi Pilot dan co pilot sepanjang perjalanan.

"Ditengarai adanya kabut di ujung runway dan pesawat landing dengan approach yang terlalu rendah. Pesawat sedang ini dalam evakuasi karena block runway," ujar Perwakilan KNKT Papua Norbert Tunyanan di Jayapura, Senin 25 Oktober 2021.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Ia katakan, saat pesawat jatuh kondisi awal pilot pingsan, kemudian sempat siuman tetapi berapa saat kemudian meninggal dunia, sementara co pilot mengalami luka-luka.

Kepala Bandara Aminggaru Herman Sujito mengatakan saat ini jenazah pilot masih berada di Puskesmas Ilaga dan bandara sementara ditutup karena bodi pesawat yang jatuh masih berada di runway.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Photo :
  • IST

“Sampai detik ini, penerbangan lainnya ke Bandara Ilaga ditutup, sebab badan pesawat Smart Air masih berada di tengah landasan,” jelas Herman dihubungi.

Ketua KNKT Norbet Tunyanan mengatakan untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat tim akan ke Ilaga untuk melakukan investigasi. 

"Tim akan ke sana, tapi saat ini masih koordinasi dengan pihak bandara untuk menggeser pesawat dari run way," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya