Sinyal Jokowi Bakal Pilih Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Teka-teki siapa calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjanjanto yang memasuki masa pensiun terjawab hari ini Rabu 3 November 2021. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Puan Maharani, mengumumkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa, diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal ke DPR.

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

Lewat Surat Presiden (Surpres), mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) itu tinggal menunggu persetujuan parlemen, melalui fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) yang akan dilakukan oleh Komisi I DPR.

Namun sebelum Supres penunjukan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI itu, sebenarnya tanda-tanda atau kode dari Presiden Jokowi, sempat mencuat. Kode kepada siapa tongkat estafet komandan tertinggi di tubuh TNI. Beberapa kode tersebut, yakni:

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Jokowi Minta Jenderal Andika Jadi ’Sopir’ Ibu Negara 

Presiden Jokowi menggoda Iriana naik Ranpur TNI disopiri Jenderal Andika

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Pertama diawali saat Jenderal Andika diminta oleh Presiden Jokowi menyetiri Ibu Negara Iriana. Moment kala itu adalah peringatan HUT TNI di Istana Merdeka, yang diiringi dengan pameran alutsista di depan Istana, Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta. Presiden dan Wakil Presiden meninjau pameran itu. Diantaranya ada kendaraan taktis yang ditampilkan. 

“Mau naik yang mana? Biar yang nyetir Pak Andika,” kata Jokowi usai memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-76 di halaman Istana Merdeka, Jakarta. 

Baca juga: Momen Jokowi Goda Iriana Naik Ranpur TNI Disopiri Jenderal Andika

Kejadian itu pula turut disaksikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. 

Menteri Sekretaris Negara ke Markas TNI AD

Mensesneg Pratikno an KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa

Photo :
  • Youtube TNI Angkatan Darat

Kode lain juga adalah, saat Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno menemui Andika Perkasa di kantornya Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta. Meski disebut tidak ada pembicaraan serius dalam pertemuan, itu seakan sinyal.

Pratikno tak lain merupakan salah satu pejabat yang melekat dengan Presiden Jokowi, sebagaimana fungsinya dalam hal administratif dan memberikan analisa kepada Kepala Negara. 

Kala itu Andika banyak menjelaskan kepada Pratikno beberapa perubahan di Markas Angkatan Darat. Mulai dibangunnya pusat kebugaran (gym) dengan alat yang lebih lengkap, taman dan akuarium sehingga membuat kantor terasa berbeda.  

Andika Ikut Melepas Jokowi dalam Lawatan ke Luar Negeri

Presiden Jokowi Bertolak ke Eropa dan Dubai

Photo :
  • Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

Belum lama ini, Jenderal Andika Perkasa, terlihat ikut mengantarkan Presiden Jokowi sebelum terbang dalam lawatannya ke sejumlah negara untuk menghadiri agenda penting. Lawatan pertama Presiden Jokowi ke luar negeri setelah pandemi COVID-19. Yakni ke KTT G20 di Italia, Konferensi COP ke-26 di Skotlandia, dan ke Uni Emirat Arab.

Andika bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melepas Presiden dan rombongan dari Bandara Soekarno- Hatta, Banten. 

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Effendy Simbolon juga sempat secara terang-terangan menyebut nama Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI yang baru. 

“Insya Allah dalam waktu dekat, Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI," kata Effendi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya