Cara Risma Berdayakan Disabilitas Supaya Mandiri

Menteri Sosial Tri Rismaharini
Sumber :
  • Biro Humas Kemensos

VIVA – Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini dengan menyerahkan bantuan totalnya sebanyak Rp3,88 miliar untuk 10 kota/kabupaten di Jawa Timur. Bantuan menjangkau 4.700 an penerima bantuan dan 1 kelompok masyarakat.

Truk Tangki Pertamina Tabrak Motor di Bojonegoro, Satu Keluarga Tewas

Kata dia, bantuan untuk disabilitas, anak yatim piatu, dan para penerima manfaat sosial. Untuk anak yatim dan piatu anak yang sudah sekolah akan mendapatkan bantuan sosial Rp200 ribu, dan Rp300 ribu perbulan. 

"Jadi kalau yang belum sekolah ini usulannya sudah 3 bulan lalu dari daerah. Jadi, kita top up di 3 bulan. Sehingga kalau yang belum sekolah sekarang nerima Rp900 ribu, kalau yang sudah sekolah dia nerima Rp600 ribu," ujar Risma di GOR Untung Suropati, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu malam, 6 November 2021. 

Polisi Ungkap Kronologi Siswi SD di Lamongan Meninggal karena Pankreas Luka

Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma

Photo :

Ia menuturkan, bahwa pemberian bantuan untuk para disabilitas di Indonesia berupa alat mesin jahit, sepeda motor roda tiga hingga mesin pompa angin. Hal ini bertujuan agar mereka dapat mandiri untuk menjalankan usahanya. 

Bus Rajawali Indah Terguling Usai Tabrak Motor di Bojonegoro, 2 Orang Meninggal

"Mereka itu sebenarnya kalau diberdayakan nggak tergantung kepada orang lain. Jadi itu yang dari awal saat saya masuk (jadi menteri). Karena saya masuk ada di akhir tahun sehingga semua program udah terencanakan," katanya

"Tapi saya sampaikan kita sesuai dengan tugas kita, kita ga bangun gedung tapi kita berikan alat bantuan-bantuan untuk disabilitas. Sebetulnya masih banyak lagi jenisnya, ada tongkat adaptif untuk tuna netra," katanya. 

Bantuan merupakan hasil dukungan dari 7 balai yakni Balai Besar Soeharso Surakarta, Balai Galih Pakuan Bogor, Balai Mahatmiya Bali, Balai Budhi Dharma Bekasi, Balai Antasena Magelang, Balai Satria Baturaden, dan Balai Panasea Bambu Apus Jakarta. Bantuan juga hasil dukungan dari Ditjen Pemberdayaan Sosial, Ditjen Penanganan Fakir Miskin dan Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Jenis bantuan berupa bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), kewirausahaan, aksesibilitas dan bantuan kebutuhan dasar. Melalui Ditjen Dayasos disalurkan bantuan senilai Rp180 juta  berupa 2.000 paket beras untuk Yayasan Anisah Foundation.

Atas semua bantuan Kemensos, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo menyatakan syukur dan terima kasih kepada Mensos. 

"Ini oleh-oleh yang luar biasa. Masyarakat Kota Pasuruan menyatakan terima kasih atas bantuan ini. Inysa Allah sangat bermanfaat bagi kami," kata Adi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya