Wali Kota Bobby Kembalikan Fungsi Lapangan Merdeka Jadi Wisata Budaya

Wali Kota Medan Bobby Nasution.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putra Nasution (Medan)

VIVA – Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution sudah menerbitkan Surat Keputusan (SK) revitalisasi Lapangan Merdeka, Kota Medan untuk dijadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH), destinasi wisata dan ikon kota Medan.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

"Sudah dibuatkan SK, ada beberapa titik yang juga kita buatkan. Lapangan merdeka lah, yang kita tahu ini, masih ada yang difungsikan untuk yang lain," ucap Bobby di Kota Medan, Rabu siang, 10 November 2021.

Revitalisasi Lapangan Merdeka ini, akan dikerjakan pada 2022, mendatang. Namun, Bobby menjelaskan untuk pembangunan tersebut, ada aturan dan rencana dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

"Yang patuhi aturan dan tetap kita komunikasikan bila dijadikan cagar budaya, harus kita kembalikan fungsinya," kata menantu Presiden, Joko Widodo itu.

Revitalisasi ini, Bobby mengungkapkan bertujuan untuk mengembalikan fungsi dari Lapangan Merdeka dan pembangunan fasilitas pendukung di dalamnya.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

"Mengerjakan lapangan merdeka itu, tamannya, tempatnya dan pusatnya masyarakat Kota Medan, titik nolnya kota sekitar lapangan merdeka. Di sana sudah dilihat, tidak mungkin membuat sesuatu, tidak ada perencanaan, main bangun saja," sebut Bobby.

Nantinya, di sekitar Lapangan Merdeka juga akan didirikan pusat kuliner, pusat festival budaya hingga ruang publik bagi masyarakat. Dengan itu, suami Kahiyang Ayu ini meminta dukungan masyarakat atas rencana besar ini.

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

"Rencana besar perlihatkan, jangan lah sudah pembangunan besar, ditanyakan hal-hal yang kecilnya. Itu sudah dirancang pekerjaannya. Tidak mungkin tidak pakai perencanaan, sabar," kata Bobby.

Bobby juga mengungkapkan bahwa dirinya sudah memerintahkan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman untuk bertemu dengan manajemen Merdeka Walk untuk membicarakan relokasi.

"Untuk merdeka walk sudah saya tugas ya, pak Wakil dan sudah bertemu (manajemen). Mereka sudah mau untuk pindah," tutur Bobby.

Bobby mengatakan untuk Merdeka Walk akan dipindahkan bangunan lama zaman kolonial Belanda, yakni bangunan Warenhuis di Jalan Hindu, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.

"Sekarang, alokasikan mereka pindah kemana, sudah ada di Warenhuis," ungkap Wali Kota Medan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya