MLM VTube Dilaporkan ke Mabes Polri, Kerugian Capai Rp24 Miliar

Mabes Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Vicky Fajri

VIVA – Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Kombes Ma’mun membenarkan pihaknya menerima laporan dugaan penipuan terhadap PT Future View Tech atau aplikasi VTube. Kasusnya, kata dia, pelimpahan dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim pada Oktober 2021. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

“Kita baru menerima laporan, bahkan baru terima pelimpahan perkara yang sebelumnya ditangani Direktorat Siber, lalu dilimpahkah ke kita,” kata Ma’mun di Mabes Polri pada Jumat malam, 12 November 2021.

Menurut dia, kasus itu diduga tentang penjualan program melalui multilevel marketing (MLM) secara ilegal. Diduga, ada 17 juta member yang dirugikan VTube. Tapi, lebih dari 350 member menjadi korban dengan kerugian mencapai Rp24 miliar.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Ilustrasi Gedung Mabes Polri

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

“Ini kan dicurigainya tentang penjualan program melalui multi level marketing-nya secara ilegal, mungkin begitu ya. Hanya karena baru dilaporkan lalu kita masih tindaklanjuti, mungkin di tahap awal kami melakukan penyelidikan,” ujarnya.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Disamping itu, ia belum bisa memastikan adanya dugaan oknum PBNU sebagai pelindung dan pemegang saham PT Future View Tech. Saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan dengan memulai meminta keterangan saksi-saksi.

"Belum sampai ke sana, baru terima laporan. Terlalu dini kalau kita bicara tentang itu," jelas dia.

Ilustrasi tembakan.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota Satuan Lali Lintas Polres Kota Manado, Sulawesi Utara ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala, kemarin. Kejadiannya di Jalan Mampang Prapatan

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024