Alasan Kakanwil Kumham Jambi Tak Tanggung Jawab 24 Tahanan Kabur

Kakanwil Kumham Jambi Jahari Sitepu
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

VIVA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jambi Muhammad Jahari Sitepu membenarkan ada tahanan Polres Batanghari kabur dari lembaga Pembinaan khusus anak (LPKA) kelas II B, Kabupaten Batanghari, Jambi.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

"Yang perlu saya garis bawahi, tahanan yang kabur tersebut bukan tahanan anak lapas Batanghari melainkan tahanan Polres Batanghari dan bukan titipan," ujar Jahari di Jambi pada Senin, 15 November 2021.

Jahari mengatakan tanggal 16 Maret 2021, Kapolres meminjam 1 blok dan sehubungan gedung Polres Batanghari lagi direnovasi maka pihak Polres meminjam 1 blok di lapas anak. 

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

"Secara surat-menyurat ada bukti pihak polres meminjam satu blok dan Senin, 15 November 2021, sekitar pukul 04.00 WIB sebanyak 24 orang dari lapas anak dan kabarnya sudah ada 1 orang menyerahkan diri ke Polres," kata dia.

Jahari menceritakan, terkait prosedur penjagaan tahanan polres di LPKA yakni dari pihak anggota Kepolisian sehingga tidak ada hubungannya kepada pihak LPKA Batanghari.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

"Perlu saya tekani itu bukan titipan melainkan memang pihak Polres yang jaga baik mengasih makan dan sistem penjagaan dan lain sebagainya. Semua dari pihak Kepolisian dan tidak ada hubungannya dari pihak lapas,"

Terpisah, Kepala LPKA Kelas II Muara Bulian Marojahan Doloksaribu membenarkan sebanyak 24 orang tahanan kabur dari blok LPKA kelas II B, Batanghari, Jambi. "Namun tidak ada hubungannya dengan lapas," tutur Marojahan.

Sementara Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol. Mulia Prianto saat dikonfirmasi membenarkan puluhan tahanan Polres kabur dari lapas anak Batanghari. Para tahanan yang kabur sedang diburu polisi.

"Benar ada. Saat ini tahanan kabur sedang diburu oleh pihak Kepolisian dan nanti disampaikan lagi perkembangannya," kata Mulia.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya