Penyalahgunaan Ruang Digital, Pemerintah Utamakan Restorative Justice

Kursi majelis hakim (foto ilustrasi)
Kursi majelis hakim (foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan ruang digital saat ini jadi peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan produktifitas. Namun, ia mengakui dalam praktiknya ruang digital kerap disalahgunakan. 

Menurut dia, untuk mencegah penyalahgunaan di ruang digital, pemerintah melakukan penegakan hukum dengan mengutamakan pendekatan restorative justice. Selain itu, perlu juga dengan peningkatan kecakapan digital.

Bagi Johnny, KUHP yang mesti ada di ruang fisik juga diperlukan di lingkup digital. 

"Kita mengutamakan selalu di dalam penegakan hukum. Tapi ,tetap saja saat ini untuk masyarakat kita butuhkan pendekatan restorative justice sebelum ultimum remedium itu ditetapkan," kata Johnny, dalam keterangannya, Kamis, 25 November 2021.

Menkominfo Johnny G Plate
Photo :
  • Istimewa

Menkominfo Johnny G Plate

Dia mengatakan, mengajak masyarakat untuk produktif secara positif di ruang digital bukan hal yang mudah. Namun, ia menyampaikan pihaknya sudah mengambil inisiatif dengan menghadirkan deretan program kecakapan digital dari tingkat dasar, menengah dan atas.

“Ruang digital menuntut kita supaya cakap digital, tapi faktanya kita punya tantangan yang besar terkait dengan kecakapan digital itu tersendiri," jelas politikus Nasdem tersebut.