Trik Gibran Pulihkan Ekonomi Warga Kampung Jokowi

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodik.

VIVA - Berbagai cara dilakukan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, untuk memulihkan ekonomi masyarakat Solo selama pandemi COVID-19. Salah satunya dengan menggandeng marketplace untuk ikut memberdayakan ekonomi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Solo.

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

Berdayakan UMKM

Salah satu marketplace yang digandeng putra sulung Presiden Jokowi itu untuk membantu memberdayakan para pelaku UMKM di Solo yakni Ralali.com. Penandatanganan pokok perjanjian dimulainya kerjasama strategis antara Ralali.com dan Pemkot Solo sebagai B2B enabler untuk UMKM itu dilakukan di Aston Solo, Sabtu, 27 November 2021.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Menurut Gibran kerjasama dengan perusahaan marketplace ini untuk mengejar pemulihan ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi COVID-19. Ia mengungkapkan tidak hanya Ralali.com saja yang ikut membantu pemulihan ekonomi masyarakat Solo, namun juga sejumlah perusahaan marketplace lainnya juga turut membantu untuk pemulihan ekonomi di Kota Solo.

Gibran Absen di Upacara Hari Otoda, Tak Dapat Penghargaan Satyalencana

“Kita kan kejar pemulihan ekonomi, bukan Ralali saja hampir semua teman-teman (marketplace lainnya) dari pusat membantu di Solo seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Hari ini Ralali lebih ke B2B, lebih ke pembelian dalam jumlah besar,” kata dia di Hotel Aston Solo, Sabtu, 17 Oktober 2021.

Baca juga: Gibran Minta Masyarakat Tenang Hadapi PPKM: Enggak Sampai Seminggu

Gibran menegaskan dengan menggandeng sejumlah perusahaan marketplace memang sangat efektif untuk membantu pemulihan ekonomi. Menurutnya, para pelaku UMKM saat ini memang dituntut untuk mengikuti tren onboarding ke basis online atau digital.

“Mau tidak mau ya harus menggandeng semua marketplace,” ujar dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

Lantas Gibran pun membandingkan dengan memanfaatkan marketplace yang sudah ada lebih menjanjikan potensi dalam memberdayakan UMKM ketimbang kebijakan masing-masing dinas untuk membuat marketplace untuk membantu penjualan hasil produk UMKM.

“Daripada tiap dinas bikin marketplace malah pembuangan anggaran dan belum tentu dipakai juga,” tegasnya.

Dukung Pemerintah

Sementara itu, CEO Ralali.com, Joseph Aditya, mengatakan kerjasama dengan Pemkot Solo ini, Ralali.com berkomitmen sesuai dengan visi utama yakni untuk mendukung pemerintah dalam empowerment UMKM dan IKM sehingga dapat menjadi conton untuk dapat dilakukan di berbagai kota maupun daerah lainnya.

“Kedua belah pihak akan bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan bagi UMKM di Solo melalui proses transformasi digital,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, Ralali akan melakukan standarisasi penjualan serta pemasaran agar UMKM produsen dapat masuk ke pasar digital serta memenuhi standar yang ada. Tak hanya itu, para UMKM juga akan diajari mengenai cara pakcaging hingga pemasaran.

“Ralali.com juga fasilitasi website gratis atau digital storefront melalui aplikasi Konekto dengan menargketkan para UKMKM Solo dapat membangun reputasi serta mengembangkan jaringan di era digital,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya