Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara

Barang Bukti Kasus Korupsi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Makassar, memvonis hukuman lima tahun penjara terhadap Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. Dia juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp500 juta subsidair empat bulan kurungan.

Bocah 7 Tahun di Makassar Mesum di Kuburan, Mengaku Karena Sering Nonton Film Porno

Ketua Hakim Ibrahim Palino, menyampaikan bahwa terdakwa Nurdin Abdullah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah menerima suap dan gratifikasi, terkait sejumlah proyek di lingkungan Provinsi Sulawesi Selatan.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Nurdin Abdullah telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," kata Hakim Ibrahim Palino saat membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Makassar yang ditayangkan melalui Youtube KPK RI, Senin malam, 29 November 2021.

Dalam putusannya, hakim mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan. Keadaan yang memberatkan yakni perbuatan terdakwa Nurdin Abdullah bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Sedangkan yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, Nurdin mempunyai tanggungan keluarga yang perlu dinafkahi, terdakwa sopan dan kooperatif selama persidangan berlangsung. Tidak pernah bertingkah dengan macam-macam alasan yang mengakibatkan persidangan tidak lancar.

Lebih Rendah Dari Tuntutan JPU KPK

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Putusan tersebut lebih rendah dari tuntutan tim Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya, jaksa menuntut agar Nurdin dijatuhi hukuman selama 6 tahun penjara dan denda sejumlah Rp500 juta subsidair enam bulan kurungan.

Nurdin Abdullah terbukti bersalah menerima suap dan gratifikasi bersama-sama dengan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Edy Rahmat, terkait sejumlah proyek di Sulawesi Selatan.

Ilustrasi tanah longsor.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Enam orang lainnya dilaporkan menderita luka-luka dan sudah dibawa ke rumah sakit. Tragedi longsor itu terjadi Kelurahan Tallang Sura, Buntao, Toraja Utara.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024