Jembatan Penghubung Lumajang-Malang Putus Diterjang Awan Panas Semeru

Gunung Semeru erupsi
Gunung Semeru erupsi
Sumber :
  • Twitter @BNPB_Indonesia

VIVA – Dampak erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur membuat akses dari Lumajang ke Malang terputus. Jembatan Geladak Perak yang menghubungkan dua daerah ini putus akibat diterjang awan panas guguran Gunung Semeru.

"Iya (jembatan Geladak Perak putus) akses dari Lumajang ke Malang," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi, Sabtu, 4 Desember 2021. 

Pun, kondisi saat ini di lokasi masih gelap dan hujan. Aliran listrik di Dusun Curah Kobokan Desa Supit Urang, Pronojiwo dan Dusun Kajar Kuning, Candipuro padam. Terkait itu, BPBD melakukan langkah cepat dengan mengevakuasi warga. 

Awan panas akibat erupsi Gunung Semeru.

Awan panas akibat erupsi Gunung Semeru.

Photo :
  • Dok. PVMBG

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani mengatakan, saat kejadian secara visual di sekitaran Curah Kobokan, Lumajang gelap tertutup kabut. Dia mengatakan meski erupsi, status Semeru masih level 2 waspada.

"Status Semeru masih level 2 waspada sejak 12 Mei 2012," ujar Andiani. 

Sementara itu, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) meminta warga yang berada di sekitaran Sungai aliran lahar yakni Curah Kobokan hati-hati dan waspada.