Gempa di Flores NTT, BMKG: Peringatan Dini Tsunami Berakhir

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita menjelaskan tentang gempa bumi yang mengguncang di Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa, 14 Desember 2021. 

Sosok 'Jenderal Pembangkang' pada Masa Rezim Soeharto, Kini Raih Pangkat Bintang 5

Menurut dia, guncangan gempa bumi terdeteksi dengan kekuatan 7,4. Namun, belum ada laporan adanya dampak akibat guncangan gempa tersebut.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan 7,5 dan kami update menjadi 7,4. Hingga saat ini, belum ada laporan dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," kata Dwikorita saat konferensi pers secara virtual pada Selasa, 14 Desember 2021.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Photo :
  • ANTARA

Menurut dia, gempa bumi terjadi sekira pukul 11.20 Waktu Indonesia Tengah (Wita). Awalnya, terdeteksi gempa bumi ini berpotensi terjadi tsunami dengan tingkat ancaman waspada. Artinya, maksimum ketinggian tsunami setengah meter dengan ancaman waspada terjadi di Flores Timur bagian utara, Pulau Sikka bagian utara dan Pulau Lembata.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

"Setelah dua jam setelah kejadian gempa, maka peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir. Sehingga, kami mohon Pemda bisa menyampaikan kepada masyarakat. Artinya, sudah bisa kembali ke tempat masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang wilayah barat laut Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, 14 Desember 2021. Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 10.20 WIB. 

Mengutip dari keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada peringatan dini tsunami imbas gempa tersebut. Potensi tsunami terjadi untuk wilayah NTT. Lokasi gempa terjadi di lokasi 7.59 Lintang Selatan, 122.26 Bujur Timur atau 112 km Barat Laut Larantuka, Flores, NTT. Gempa ini memiliki kedalaman 10 kilometer. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya