Kapolri Optimis Target Vaksinasi 70 Persen Bisa Tercapai

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turun lagi mengecek pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di seluruh Indonesia atau 34 polda jajaran pada Rabu, 15 Desember 2021. Kini, Sigit mengecek langsung di Lapangan Sorumba, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Lebaran Hari Kedua, Jokowi Ajak Cucu Main dan Sapa Warga Medan

Sigit mengatakan kegiatan ini wujud dari akselerasi percepatan vaksinasi COVID-19 dalam rangka mencapai target 70 persen guna terbentuknya kekebalan komunal atau herd immunity, sebagaimana harapan dari Presiden Indonesia Joko Widodo.

“Kita harapkan dalam kurun waktu kedepan sampai dengan minggu terakhir, kita betul-betul, bisa mencapai target 70 persen. Sebagaimana menjadi target Pak Presiden, agar betul-betul terbentuk kekebalan komunitas yang diharapkan," kata Sigit.

206 Ribu Kendaraan Belum Mudik, Puncak Arus Balik Diprediksi Senin 15 April 2024

Di Sulawesi Tenggara, Sigit mengaku bersyukur bahwa ada peningkatan capaian akselerasi vaksinasi 49 persen. Maka dari itu, Sigit meminta tren positif ini harus dipertahankan dan ditingkatkan kedepannya. Sehingga, target kekurangan untuk mencapai 70 persen ini bisa dikejar.

“Harapan kita bisa pertahankan terkait kemampuan untuk mengendalikan laju COVID-19 di angka yang sudah sangat bagus, positivity rate dibawah 1, angka kematian dan BOR kita berada di posisi yang sangat baik," jelas dia.

Makna Lebaran Bagi Bos Persib Bandung

Menurut dia, pencapaian kekebalan komunal juga merupakan upaya menangkal segala jenis varian baru COVID-19 salah satunya Omicron. Sebab, varian baru ini sudah muncul kurang lebih di 72 negara.

"Sehingga mau tidak mau, salah satu yang harus kita lakukan adalah bagaimana akselerasi vaksinasi khususnya terhadap masyarakat yang belum sempat vaksin mungkin karena takut atau karena hoaks, atau karena aktivitasnya atau karena hal lain," ujarnya.

Harus SInergi

Oleh sebab itu, kata Sigit, untuk mencapai target 70 persen dan menangkal varian baru COVID-19 harus mengedepankan kerja sama atau sinergitas antar seluruh pihak. 

"Mau tidak mau ini perlu kerja sama, sinergitas yang sangat kuat antara Pemda baik tingkat provinsi, kabupaten dan TNI-Polri dan seluruh masyarakat," tandasnya.

Diketahui, dalam rangka meningkatkan capaian vaksinasi sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia, Polri melaksanakan vaksinasi secara serentak di 3.265 titik pada 34 Polda seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya