Bobby Nasution Jelaskan Alasan Belum Bisa Laksanakan Vaksinasi Anak

Wali Kota Medan Bobby Nasution
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Kota Medan belum bisa melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Itu disebabkan karena capaian vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) belum mencapai 60 persen. Saat ini sudah mencapai 50 persen lebih.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Capaian vaksinasi bagi masyarakat umum di Kota Medan untuk dosis pertama sudah mencapai 70 persen lebih, dan dosis kedua 60 persen lebih.

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengungkapkan pihaknya sebenarnya sudah siap untuk melakukan vaksinasi tersebut.

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

"Yang pastinya kami pemerintah Kota Medan, kami persiapkan. Tadi siang kami rapat untuk persiapan Nataru. Kemudian, persiapan vaksinasi anak," ucap Bobby kepada wartawan di Kota Medan, Kamis 16 Desember 2021.

Bobby mengakui kendala vaksinasi anak tersebut disebabkan capai vaksinasi lansia belum mencapai 60 persen. Namun, dalam waktu dekat ia yakin akan terpenuhi.

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

"60 persen untuk lansia secepatnya, sekarang ini. Kita buat di kelurahan ada berapa lansia kita jaring terus bersama TNI dan Polisi," sebut Bobby.

Vaksinasi Jemput Bola di Hotel

Menantu Presiden Joko Widodo ini mengatakan, sudah menyiapkan langkah-langkah cepat untuk melakukan vaksinasi terhadap lansia. Salah satunya, berkoordinasi dengan pihak hotel. Karena, ia menilai warga lansia setiap akhir pekan banyak menghabiskan waktu di hotel bersama keluarganya.

"Di weekend, muncul (lansia) di tempat-tempat di mall perlu kita waspadai dan antisipasi. Kita berkoordinasi dengan pihak hotel-hotel yang menggunakan pedulilindungi, kita vaksin di tempat," ungkap Bobby.

Kemudian, suami Kahiyang Ayu itu mengatakan bahwa belum tercapainya vaksinasi lansia juga disebabkan penyakit bawaan. Sehingga tidak bisa dilakukan.

"Yang kita sampaikan lansia yang mempunyai penyakit bawaan. Yang belum divaksin terus kita laporkan," kata Bobby.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menteri Kesehatan RI, Nomor SR.01.02/4/ 3309 /2021, di Sumatera Utara, ada 9 kabupaten/kota yang sudah diputuskan untuk melaksanakan vaksinasi anak. Antara lain, di kabupaten Tapanuli Utara, Karo, Dairi, Humbahas, Pakpak Bharat, Samosir, Toba, Kota Sibolga dan Pematangsiantar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya