Jenderal Listyo Curiga, Peristiwa di Polsek-Polres Kok Lapor Kapolri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku sering mendapat aduan dari masyarakat langsung melalui media sosial. Padahal, laporan pengaduan yang diterimanya itu di level Polsek, Polres hingga Polda. Menurut dia, laporan pengaduan diterimanya setiap hari.

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

“Saya sendiri hampir setiap hari kurang lebih 4 atau 5 laporan langsung masuk ke akun-akun Kapolri, dan akun-akun ini biasanya terus kita teruskan ke Polda ataupun Polres. Jadi peristiwanya di Polres, tapi laporannya ke Kapolri. Peristiwa di Polsek laporannya ke kepolri. Masih ada peristiwa seperti ini,” kata Sigit saat Rakor Anev Inspektorat Pengawasan Umum Kepolisian Republik Indonesia (Itwasum Polri).

Oleh karena itu, Sigit menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengecek lagi bagaimana sistem penerimaan pengaduan masyarakat yang dilakukan oleh para Kapolres dan Kapolda. Sehingga, terjadi peristiwa pengaduan langsung dari masyarakat kepada Kapolri.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • dok Polri

“Artinya, ada sumbatan komunikasi yang tidak terjawab, apakah laporannya masuk tapi tidak ada respons, atau malah tidak ada sistem untuk mau menerima laporan-laporan seperti ini. Tolong nanti bantu saya untuk mengecek, sehingga secara jenjang kewenangan ini bisa tertangani dengan baik,” jelas dia.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Memang, sampai saat ini Sigit tetap memberikan ruang untuk mendapatkan pengaduan dari masyarakat. Tapi kedepan, kata dia, mau tidak mau harus diperbaiki jangan sampai ada sumbatan komunikasi yang salah sehingga mereka langsung lari ke akun Kapolri.

“Karena tidak sehat juga, walaupun di satu sisi ini adalah bagian dari upaya kita untuk membenahi, namun manakala kemudian laporan-laporan itu tidak harus sampai ke Kapolri, cukup sampai ke Kapolda, cukup sampai Kapolres bisa terlayani dengan baik. Saya kira fenomena-fenomena seperti ini bisa kita kurangi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya