Polri Periksa 52 Saksi Terkait Kasus Habib Bahar Smith

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • VIVA / Ahmad Farhan

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, penyidik Polda Jawa Barat telah melakukan pemeriksaan terhadap puluhan orang saksi terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoax yang mengandung unsur SARA, dengan tersangka Habib Bahar bin Smith.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

“Keseluruhan total 52 orang saksi, yakni 33 orang saksi dan 19 orang saksi ahli,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Selasa, 4 Desember 2022.

Selanjutnya, Ramadhan mengatakan, penyidik juga telah melakukan penyitaan terhadap barang bukti sebanyak 12 item. Menurut dia, penyidik menetapkan tersangka terhadap Habib Bahar berdasarkan dua alat bukti sebagaimana diatur Pasal 184 KUHAP.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan

Photo :
  • VIVA/ Ahmad Farhan

“Penyidik telah meningkatkan status BS dan TR dari saksi menjadi tersangka. Selain itu, BS dan TR ditangkap dan ditahan,” ujarnya.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Bahar bin Smith dipersangkakan dugaan tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian dan atau permusuhan individu dan atau kelompok berdasarkan SARA, sebagaimana yang dimaksud Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45A Ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016, tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Ilustrasi tembakan.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota Satuan Lali Lintas Polres Kota Manado, Sulawesi Utara ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala, kemarin. Kejadiannya di Jalan Mampang Prapatan

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024