Ada Joki Vaksinasi di Semarang, Ganjar: Sudahlah Fair-fair Saja

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sidak gudang Dinkes Jateng.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Seorang ibu rumah tangga kepergok menjadi joki vaksinasi di Kota Semarang. Wanita bernama DS (41) tersebut mengikuti vaksinasi dengan menggunakan kartu identitas orang lain di Puskesmas Manyaran, Kecamatan Semarang Barat. 

Buka Perwakilan di 5 Negara, Ekonomi Kreatif RI Mulai Ekspansi ke Eropa

Berdasarkan pengakuannya, DS menjadi joki vaksin karena dijanjikan upah sebesar Rp500 ribu untuk satu kali vaksin.

Merespons hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi peringatan keras bahwa tak ada joki-jokian dalam pelaksanaan vaksinasi. Tidak boleh ada pihak yang memanfaatkan alasan ekonomi maupun alasan lainnya untuk menjadi joki vaksin. 

Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna

“Kita kasih peringatan keras sekarang, nggak ada joki-jokian ya. Jangan sampai karena uang, kesempatan, terus kemudian main joki-jokian," tegas Ganjar di sela acara vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kapal Perang KRI Surabaya 591 di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis, 6 Januari 2022.

Sebab menurutnya, vaksinasi bukan sekadar mengejar target capaian statistik, tapi dalam rangka melindungi masyarakat. Ia mendukung langkah kepolisian menindak tegas warga yang menjadi joki vaksin di Kota Semarang.

Diajak Jokowi Kunker ke Sultra, Qodari ungkap Tingginya Kepuasan Rakyat ke Presiden

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau vaksinasi anak di kapal perang

Photo :
  • Istimewa

"Sudahlah fair-fair saja. Karena ini kebutuhannya bukan soal hanya target statistik, tapi ini untuk kesehatan dan melindungi masyarakat," tambahnya.

Masyarakat yang enggan divaksin, lanjutnya, lebih baik berkonsultasi dengan ahlinya dan menggali informasi lebih banyak. Sehingga mendapatkan solusi yang terbaik.

"Apa problemnya. Takut? Anak-anak tadi ada yang takut, begitu disuntik ternyata enggak sakit. Menurut saya tetap kita edukasi, konsultasi saja atau nggak usah pakai joki. Kalau ketemu joki vaksin lagi ya proses saja,” tegas Ganjar.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya