Benny Apresiasi Peran Polri Era Listyo dalam Penanganan Pandemi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai peran Polri dalam membantu penanganan pandemi COVID-19. Namun, peran berat yang jadi tugas tambahan Polri itu bisa dijalankan dengan baik.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Demikian disampaikan Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto. Menurut dia, Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Sigit Listyo Prabowo mampu berperan penting selama penanganan pandemi.

"Polri di bawah Kepemimpinan Listyo melakukan dengan baik dalam menangani pandemi covid-19 dan juga melaksanakan tugas rutinitas melayani masyarakat," kata Benny kepada wartawan, Selasa, 11 Januari 2022.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Dia mengatakan Polri berupaya meningkatkan kinerjanya membantu melawan pandemi. Ia menyebut seperti langkah Kapolri Listyo yang melanjutkan program serbuan vaksinasi TNI-Polri. Program ini jadi upaya mendukung proses penanggulangan pandemi.

Pun, vaksinasi di bawah Polri juga diperluas ke kalangan anak-anak menyesuaikan aturan yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan atau Kemenkes.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Menurut dia, dalam sosialisasinya, Kapolri Listyo juga aktif mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Bagi dia, cara tersebut bagus mengingat vaksinasijadi salah satu ikhtiar melawan pandemi COVID-19.

Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto.

Photo :
  • ANTARA

Kemudian, ia bilang Polri era Listyo juga rajin mengkampanyekan protokol kesehatan atau prokes dalam penggunaan masker, menjaga jarak. Apalagi upaya Polri terus dilakukan agar target vaksinasi yang diinginkan pemerintah bisa tercapai.

Dia mencontohkan seperti program akselerasi vaksinasi yang dilakukan di Provinsi Lampung. Targetnya 37.905 orang/perhari tervaksinasi di Lampung. Sementara, dari data yang didapat, tercatat 1.364.928 orang belum tervaksinasi. Sementara, 79,46 persen telah divaksinasi dosis pertama. Lalu, 48,32 persen tervaksinasi dosis kedua. 

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengecek kegiatan percepatan akselerasi vaksinasi serentak. Dia meninjau langsung vaksinasi di Gedung Graha Wangsa, Lampung, Selasa, 11 Januari 2022.

Dalam pesannya, Listyo minta jajarannya di wilayah bisa bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait. Ia mengingatkan ada target vaksinasi Presiden Jokowi khususnya di daerah yang masih di bawah 70 persen. 

"Ini secara nasional dilaksanakan vaksinasi serentak dengan target sasaran 1 juta lebih. Harapan kita, bisa terus mengejar pencapaian vaksinasi. Sehingga wilayah yang masih kurang atau di bawah 70 persen untuk segera mengejar ketertinggalannya," ujar Sigit, dalam keterangannya, Selasa, 11 Januari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya