Polri Kenalkan Seragam Baru Satpam 31 Januari tapi Baru Sosialisasi

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan memperkenalkan seragam baru Satuan Pengamanan (Satpam) yang sedang dikaji saat momen hari ulang tahun (HUT) ke-41 Satpam pada Januari 2022.

Terpopuler: Oknum Polisi Aniaya Siswa, Mahasiswa Demo Rektor hingga Suami Mutilasi Istri

“Rencana pergantian ini nanti diperkenalkan dulu saat hari ulang tahun Satpam pada 31 Januari 2022,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri pada Kamis, 13 Januari 2022.

Menurut dia, rencana kewajiban Satpam memakai seragam baru warna krem berlaku satu tahun setelah Peraturan Kepolisian (Perpol) yang mengatur tentang seragam Satpam terbit. Maka, perubahan warna seragam Satpam bukan untuk dipakai sekarang.

Korlantas Polri Setop Sementara Kirim Surat Tilang via WhatsApp, Ini Alasannya

Di samping itu, Ramadhan mengatakan kepolisian juga memberikan kesempatan kepada Satpam untuk memakai seragam yang lamanya ini. Mungkin, kata dia, masih ada seragam Satpam yang bagus.

“Tentu masa satu tahun itu berikan kesempatan kepada satpam yang mungkin bajunya masih bagus. Nah ini masa sosialiasi, jadi 1 tahun,” jelas dia.

Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk KTT WWF 2024 di Bali

Masih dikaji

Ahmad Ramadhan menyebutkan sebelumnya mengatakan, penggantian warna seragam dinas Satuan Pengamanan (Satpam) masih dalam proses pengkajian. Baju seragam dinas Satpam itu akan diganti warnanya dengan warna lebih muda dari warna baju anggota Polri cokelat tua.

"Jadi kalau baju Polri cokelat, rencananya baju Satpam tersebut lebih muda menjadi coklat muda, dengan warna celana tetap," ujar Ramadhan.

Tampilan baru seragam Satpam yang tak lagi mirip seragam Polri

Photo :
  • ANTARA

Alasan pergantian warna seragam dinas Satpam, menurut Ramadhan, karena seragam yang kini digunakan sangat mirip dengan seragam Polri. Kemiripan ini menimbulkan kebingungan masyarakat yang sulit membedakan antara Polisi dan petugas Satpam.

"Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan Satpam. Jadi untuk membedakan pakaiannya rencananya lebih muda sedikit dari baju Polri, dengan celana tetap sama, coklat muda atau agak krem begitu," ujar Ramadhan.

Mantan Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri itu menambahkan, Satpam merupakan profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas, sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri sebagai pembinanya.

"Ada sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat namun hal tersebut bukan merupakan kewenangan Satpam, misalnya, sehingga untuk membedakan itu itulah menjadi kajiannya, itu yang menjadi alasan mengenai pergantian ya," kata Ramadhan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya