Kronologis KPK Lakukan OTT Bupati Penajam Paser Utara

KPK Amankan Uang dari OTT Bupati Penajam Paser Utara.
KPK Amankan Uang dari OTT Bupati Penajam Paser Utara.
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan kronologis operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Penajam Paser Utara (PJU) Abdul Gafur Masud bersama Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan, Nur Afifah Balqis. Dalam OTT, KPK mengamankan 11 orang di Jakarta dan Kalimantan Timur.

Mereka yang diamankan yakni Abdul Gafur, Nur Afifah, Plt Sekda Kabupaten PPU Mulyadi (MI), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten PPU Edi Hasmoro (EH), Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten PPU Jusman (JM), Welly yang merupakan istri Mulyadi, Achmad Zuhdi alias Yudi pihak swasta dan empat orang kepercayaan Bupati bernama Nis Puhadi alias Ipuh, Asdar, Supriadi alias Usup, serta Rizky. 

Penangkapan terhadap mereka dilakukan pada Rabu 12 Januari 2022 yang berawal dari informasi masyarakat akan adanya penerimaan uang oleh Abdul Gafur.

Baca juga: IHSG Bakal Bergerak Konsolidatif, Intip Rekomendasi Saham Hari Ini

"Tim selanjutnya bergerak dan berpencar ke beberapa lokasi menindaklanjuti informasi tersebut, di antaranya di Jakarta dan Kalimantan Timur," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwara di gedung KPK, Kamis 13 Januari 2022.

Alex menambahkan, bahwa pada Selasa 11 Januari 2022, di salah satu kafe di Kota Balikpapan dan di daerah sekitar Pelabuhan Semayang, Balikpapan, diduga Nis Puhadi atas perintah Abdul Gafur mengumpulkan sejumlah uang dari beberapa kontraktor melalui Mulyadi, Jusman, dan staf di Dinas PUPR PPU.

Uang tersebut berjumlah Rp950 juta dalam bentuk tunai. Setelah mengumpulkan uang dan melapor ke Abdul Gafur, Nis Puhadi kemudian diperintahkan oleh Gafur untuk membawa uang tersebut ke Jakarta.