OTT di Surabaya, KPK Amankan Uang Ratusan Juta

Kantor KPK di Kuningan, Jakarta (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/ Edwin Firdaus.

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur. Dalam OTT itu, tim KPK mengamankan uang ratusan juta rupiah.

KPK Ngaku Ada Pihak yang Menghambat Kasus TPPU Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba

"Benar, KPK telah melakukan giat tangkap tangan di PN Surabaya dengan mengamankan sejumlah uang dan pihak terkait (Rabu) kemarin sore," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat dikonfirmasi, Kamis, 20 Januari 2022.

Ghufron melanjutkan, saat ini tim KPK masih terus melakukan pengembangan terhadap operasi senyap di Surabaya itu. KPK pun tak menutup kemungkinan jumlah uang yang akan diamankan tim penindakan bisa bertambah dalam pengembangan kasus tersebut. Ia pun belum membeberkan terkait jumlah keseluruhan uang itu.

Kata Pimpinan KPK soal Jaksa Bakal Hadirkan Pengacara Febri Diansyah di Sidang SYL

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

"Sampai saat ini begitu, namun kami terus melakukan pengembangan. Saat ini para pihak dimaksud sedang kami periksa untuk memperjelas duduk kasus ini," ujarnya. 

Eks Anak Buah SYL Ungkap BPK Minta Uang Terbitkan WTP Kementan, KPK Diminta Lakukan Ini

Sebelumnya, operasi senyap di Surabaya itu dilakukan KPK pada Rabu sore, 19 Januari 2022. Lembaga antirasuah itu memiliki waktu maksimal 1X24 jam untuk menentukan status hukum dari para pihak yang diamankan dalam OTT itu.

Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo Harahap.

Eks Penyidik KPK: Siapa Saja Bisa Daftar Capim KPK Termasuk Irjen Karyoto

Istana menjelaskan bahwa sejumlah nama calon pimpinan KPK sudah digodok. Sejumlah nama pun sudah bisa mandaftarkan diri dari pihak manapun.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024