Siapa Kepala Otorita IKN, KSP: Presiden Punya Waktu 2 Bulan

Maket desain Ibu Kota Negara dengan nama 'Nagara Rimba Nusa'.
Maket desain Ibu Kota Negara dengan nama 'Nagara Rimba Nusa'.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong mengungkapkan bahwa memang ada keinginan dari Presiden Joko Widodo menunjuk Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang baru seseorang yang memiliki pengalaman sebagai Arsitek dan pengalaman membangun daerah. Menurut Wandy, Presiden bisa menunjuk siapa saja termasuk sosok yang belum banyak diketahui publik.

Meski begitu, Wandy mengaku tidak mengetahui terkait nama-nama yang akan dipilih Presiden. Sebab terkait nama, cukup banyak orang yang berkompeten selain itu juga perihal pemilihan merupakan hak prerogatif Presiden.

"Ya kalau nama-nama kan bisa banyak yah, maksudnya mungkin ada yang menyampaikan pak Presiden gitu nama-nama tertentu. Tapi kan itu proses yang wajar aja untuk beliau mempertimbangkan siapa yang paling tepat," kata Wandy, kepada wartawan, Jumat 21 Januari 2022.

Baca juga: Seret Nama Kapolrestabes Medan, Bripka Rikardo: Aku Minta Maaf

Konsep Desain Ibu Kota Negara dari Kementerian PUPR.

Konsep Desain Ibu Kota Negara dari Kementerian PUPR.

Photo :
  • VIVAnews/Dusep Malik

Wandy mengatakan, Presiden Jokowi saat ini masih terus menimbang siapa yang cocok memimpin Ibu Kota Negara yang baru tersebut. Menurutnya, ada waktu dua bulan untuk menunjuk sosok tersebut.

"Kita kan masih punya waktu kira-kira kurang dari 2 bulan kira-kira ya seperti dimandatkan untuk segera memilih kepala otoritanya," kata Wandy.