Gus Salam dan Gus Kautsar Mundur dari Kepengurusan PBNU 2022-2027

Gus Salam (tengah putih) bersama para pengurus NU Jatim di Surabaya.
Sumber :
  • VIVAnews/Nur Faishal

VIVA – KH Abdussalam Shohib yang biasa disapa Gus Salam dan Gus Abdurrahman Al-Kautsar yang akrab disapa Gus Kautsar mundur dari kepengurusan PBNU masa khidmat 2022-2027. Keputusan itu diambil setelah keduanya menerima arahan dari kiai sepuh dan diminta untuk fokus mengabdi di Pengurus Wilayah NU Jawa Timur

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Gus Salam adalah cucu salah satu pendiri NU, KH Bisri Syansuri. Dia kini menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang, juga Wakil Ketua PWNU Jatim. Pada kepengurusan PBNU, dia ditunjuk menjadi Wakil Sekretaris Jenderal. Adapun Gus Kautsar adalah putra dari KH Nurul Huda Djazuli. Di PBNU, Gus Kautsar ditunjuk jadi Katib. 

KH Abdurrahman Al-Kautsar alias Gus Kautsar (kanan)

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal
Gus Yahya Berkelakar soal Jabatan Menteri di Kabinet Selanjutnya: Jangan-jangan NU Semua

Pengunduran diri keduanya hanya beberapa hari setelah jadwal pelantikan PBNU masa khidmat 2022-2027 di Kalimantan Timur pada 31 Januari 2022. "Atas arahan kiai sepuh agar kami tetap istiqamah berkhidmat mendampingi Rais dan Ketua PWNU Jawa Timur," kata Gus Salam dalam keterangan tertulis diterima pada Kamis, 27 Januari 2022.

Gus Kautsar menambahkan bahwa yang memerintahkan ia dan Gus Salam berkhidmat adalah Kiai Nurul Huda Djazauli. "Kami ditempatkan di mana saja monggo kerso beliau.  Beliau jauh lebih pirso (memahami lahir batin) kualitas kami dari pada diri kami sendiri. Sam'an wa tha'atan (mendengar dan menaati)," tuturnya. 

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Sebelumnya beredar kabar bahwa KH Nurul Huda menulis surat secara resmi yang ditujukan kepada Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf tertanggal 13 Januari 2022 terkait itu. Dalam pertemuan di Lirboyo pada Selasa, 18 Januari 2022, disampaikan secara tegas bahwa Gus Salam dan Gus Kautsar mundur dari PBNU.

Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Kasus dugaan pelecehan yang dilakukan rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Gorontalo, Amir Halid kini terus berlanjut dan belasan korbannya sudah melapor ke Polisi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024