Jokowi Beberkan Rencana Transformasi Energi dan Ekonomi Digital RI

Presiden Jokowi saat acara Pengukuhan Majelis Pengurus Pusat ICMI.
Presiden Jokowi saat acara Pengukuhan Majelis Pengurus Pusat ICMI.
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa upaya hilirisasi yang bakal digenjot pemerintah di sektor bahan mentah hasil tambang, nantinya juga harus dilakukan di semua sektor.

Jokowi mengatakan, inovasi di sektor pertanian dan peternakan juga harus terus diperkuat, termasuk dalam hal hilirisasi pupuk, bibit, dan lain sebagainya.

"Kelompok petani dan peternak, serta koperasi petani dan peternak juga harus masuk ke dalam hilir, agar nilai tambah itu dinikmati petani karena keuntungan terbesar itu ada di hilirnya," kata Jokowi saat menyampaikan arahannya secara virtual, pada acara Pengukuhan Majelis Pengurus Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional ICMI Tahun 2022, dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu, 29 Januari 2022.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jokowi menambahkan, "Dan tentunya hal ini juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru yang makin banyak."

Selain program hilirisasi di berbagai sektor potensial yang ada di dalam negeri tersebut, Jokowi mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah pun tengah fokus pada transformasi ekonomi digital. "Potensi ekonomi digital di tahun 2025 diperkirakan akan mencapai sekitar US$124 miliar," kata Jokowi.

Selain itu, lanjut Jokowi, saat ini Indonesia juga telah memiliki 2.229 start-up, satu decacorn, delapan unicorn, dan 8,4 juta UMKM yang dalam lima tahun ini sudah masuk ke dalam platform digital untuk menjual produknya.