Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Pastikan Dukung Penuh KTT Y20

Gala Dinner Indonesia Youth Diplomacy Sebelum KTT Youth 20
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, memastikan mendukung penuh Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 atau Y20, yang dijadwalkan pada Juli 2022.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Sebelum pelaksanaannya, Indonesia Youth Diplomacy menggelar gala dinner. Agenda ini sekaligus sebagai salah satu persiapan penyelenggaraan KTT Y20.

Ketua IYD, sekaligus Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar, berterima kasih ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang mendukung penuh pelaksanaan tersebut. 

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

IYD kata Michael, bervisi untuk membentuk dan mencetak pemimpin dari generasi muda. Dia berharap Indonesia juga bisa semaksimal mungkin memberikan dampak positif bagi dunia lewat Y20 yang diselenggarakan di Indonesia.

"Kami bersyukur dan berterima kasih pemerintah Indonesia telah mempercayakan IYD untuk melaksanakan Y20. Dan Kami juga berterima kasih kepada Pak Ridwan Kamil dan Pak Anies Baswedan yang juga sudah bersedia menjadi tuan rumah dari acara puncak Y20 di Jakarta dan Bandung," ujar Michael.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Beri Semua Dukungan

Gubernur Anies Baswedan menegaskan komitmennya, mendukung penuh KTT Y20 ini. Apalagi Jakarta adalah salah satu tempat yang dipilih, selain di Bandung Jawa Barat.

"Ketika kita audiensi pertama tentang program ini (Y20), Insya Allah we will give everything possible support kepada kegiatan ini," ujar Anies dalam Gala Diner IYD di Restoran Tugu Kunstkring Paleis, Jakarta, Sabtu 29 Januari 2022.

Anies menekankan membangun kesadaran semua pihak, bahwa kita di Indonesia tetap harus hadir sebagai warga dunia. Dengan berpartisipasi dalam arena global. 

"Kesadaran kita sebagai warga dunia ini penting sekali untuk ada. Sering kali kita berhenti sampai warga Indonesia. Indonesia harus hadir dalam arena global," ujar Anies.

Dia memiliki harapan besar, anak muda Indonesia memanfaatkan momentum G20 dan Y20 untuk mendapatkan keuntungan dalam negeri.  

"Saya lebih concern bagaimana kita menggunakan momentum G20 dan Y20 untuk mendapatkan benefit domestik," ujar Anies. 

Anies berharap para delegasi dan para alumni Y20 mampu menjadi inspirasi bagi anak muda lain berpartisipasi dalam forum diplomasi internasional.

Untuk lebih membumikan Y20 ini, Anies berharap agar IYD bisa memperbanyak lagi programnya yang menyentuh langsung anak muda di Indonesia. Terutama di luar kota-kota metropolitan.

"Ini nampaknya sederhana, tapi kami berharap inspirasi ini akan muncul dari pertemuan G20. G20 ini besar sekali dan tidak terjadi dalam periode yang pendek. Karena bisa memberi manfaat ke dalam negeri sebanyak-banyaknya," ujar Anies.

Persepsi Dunia ke Indonesia Meningkat

Di tempat yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melihata, ada kecenderngan persepsi negara-negara asing terhadap Indonesia mengalami kenaikan. Itu terlihat, dari kepercayaan Indonesia sebagai Presidensi G20. Dia berkata banyak negara yang mempertanyakan kenapa Indonesia bisa mendapat kepercayaan tersebut.

"Jadi ini momentum lagi bagus-bagusnya," ujar Ridwan Kamil.

Lebih dari itu, Ridwan Kamil menyampaikan ada sejumlah persoalan yang masih akan menjadi pekerjaan rumah pagi para pemuda di Indonesia dan dunia ke depan.

Pekerjaan rumah tersebut menurut Ridwan Kamil, yakni persoalan pemanasan global, disrupsi digital, dan disrupsi COVID.

"Jadi momentumnya sekarang, mumpung kita disorot dan punya presidensi G20. Pokoknya, pulang dari Indonesia tahun ini, dunia harus terkesan dengan kita," ujar Radwan Kamil.

Mengenal IYD

Indonesian Youth Diplomacy (IYD) merupakan wadah bagi pemimpin muda yang berasal dari seluruh anggota G20 mendorong agenda masa depan pemuda. Indonesian Youth Diplomacy dengan dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ditunjuk untuk menjadi penyelenggara resmi Y20 Indonesia di tahun 2022.

Youth 20 adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, dan bertukar ide, hingga mencapai kesepatakan bersama terkait agenda Presidensi G20. Hasil dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 adalah terciptanya Y20 Communiqué.

Ada empat isu yang akan dibahas dalam Y20, yakni Youth Employment, Transformasi Digital, Sustainable and Livable Planet, dan Diversity and Inclusion.

Pre-summit Y20 akan diadakan di Palembang, Manokwari, Mandalika, dan kota-kota lain di Indonesia yang masih akan ditentukan, sedangkan acara utama Y20 akan diadakan di Jakarta dan Bandung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya