2.236 Bintara Noken Polda Papua Diminta Mampu Dorong Persatuan Bangsa

Wakil Kepala Polda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Aman Hasibuan (Papua)

VIVA – Wakil Kepala Polda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto memimpin upacara penutupan pemantapan Pembinaan dan Latihan Bintara (Binlat BA) Noken Polri 2021 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Papua, Jumat, 4 Februari 2022.

Polri Diminta Usut Tuntas Kasus Dugaan TPPU Panji Gumilang Kedok Pondok Pesantren

Upacara tersebut diikuti 2.236 Polri Bintara Noken di SPN Polda Papua yang dihadiri sejumlah pejabat utama (PJU) Polda Papua juga turut hadir perwakilan Komnas HAM RI perwakilan Papua.

Eko mengatakan, pelaksanaan pemantapan binlat Bintara Noken Polri tahun anggaran 2021 merupakan rangkaian dari tahapan rekrutmen penerimaan Bintara Polri sampai tahapan pelaksanaan binlat.

Polisi Usul WFH di Bali saat World Water Forum Berlangsung Supaya Tidak Macet

Dari jumlah Bintara Polri yang dilantik 2.297 Bintara remaja. Mereka yang mengikuti Binlat sampai dengan penutupan sebanyak 2.236 bintara remaja. Dengan rincian 1.997 orang dari hibah Pemprov Papua dan 239 orang dari dipa Polri untuk mengikuti Binlat bintara noken Polri tahun 2021. 

Upacara penutupan pemantapan Binlat BA Noken Polri 2021, di Papua.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Aman Hasibuan (Papua)
Polri Sebut Bus Maut yang Bawa Rombongan SMK Asal Depok Sudah Pindah Tangan, Kok Bisa?

“Para peserta Binlat ini merupakan putra putri terbaik yang berasal dari Provinsi Papua yang telah berhasil mengikuti seleksi dan menempuh pendidikan di Pusdik/SPN dengan baik, dari total jumlah pendaftar sebanyak 7.913 orang untuk Polda Papua,” kata Eko.

Ia mengatakan, tujuan dari pelaksanaan pemantapan Binlat Bintara Noken Polri tahun anggaran 2021 adalah untuk membentuk individu yang berkarakter kebangsaan, yang menjiwai nilai-nilai luhur pancasila dan mampu mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, di wilayah Papua dalam pelaksanaan tugas Polri.

"Dengan bekal pengetahuan akademik yang telah diberikan, keterampilan perorangan dan kelompok yang dilatihkan serta didukung hasil pembinaan integritas dan moralitas yang diterima selama mengikuti pendidikan dan pelatihan, saudara akan mampu menjadi agen perubahan yang membawa Polri semakin dipercaya masyarakat," ujarnya.

Penempaan Bintara

Wakapolda menambahkan, proses penempaan para Bintara Polri yang handal dan profesional di lembaga pendidikan merupakan suatu proses yang sangat penting dan substansial. Melalui proses tersebut, diharapkan akan lahir sosok personel polri yang berintegritas, berkompeten dan berkualitas.

“Saya berpesan kepada Bintara Remaja agar melakukan pengembangan dan peningkatan kemampuan secara terus menerus dan berkelanjutan. Hal ini perlu terus dilakukan agar kalian tumbuh menjadi Bhayangkara yang matang serta dapat mewujudkan sosok Civilian Police yang mampu menampilkan postur Polri yang modern, beradab, bermoral dan profesional, dipercaya dan dicintai masyarakat,” ujar Wakapolda.

Ia menekankan kepada Bintara Remaja agar menjadi insan Bhayangkara yang selalu menjaga dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dalam pelaksanaan tugas yang diemban. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya