Densus 88 Tangkap Lagi Dua Teroris Kelompok JAD Yogyakarta

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Tim Densus 88 Antiteror Polri kembali menangkap dua orang tersangka terorisme di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu, 9 Februari 2022. Diduga, mereka yang ditangkap merupakan kelompok jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

“Penangkapan dua tersangka teroris Yogya yakni RAU (32) dan SU (52),” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya pada Kamis, 10 Februari 2022.

Menurut dia, RAU keterlibatannya berbaiat pada Amir Daulah Islamiyah Abu Bakar Al-Baghdadi. Kemudian, RAU juga berbaiat ulang kepada Amir Daulah Islamiyah Al-Hasyimi tahun 2019. Selain itu, RAU juga anggota JAD Yogyakarta.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Baca juga: 4 Miliarder RI yang Hartanya Turun Hari Ini

Densus 88 Antiteror memeriksa rumah kontrakan tempat terjadi ledakan Bom Panci di Kelurahan Sekejati, Buah Batu, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/7/2017).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

“RAU ikut uji coba bom Gunung Sepuh, Bantul 2018,” ujarnya.

Sementara, Ramadhan mengatakan SU ditangkap karena terlibat berbaiat dengan ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi tahun 2016. Kemudian, SU berbaiat dengan ISIS Abu Ibrahim Al-Hashimi Al-Quraishi tahun 2019.

“SU anggota JAD Yogyakarta, pernah ikut latihan militer IDAD bersama kelompok JAD Yogyakarta pada 2016 sampai 2019, dan ingin melakukan amaliyah dengan melakukan penyerangan ke kantor polisi,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya