Jokowi Tegaskan RI Bangga Jadi Garda Terdepan Lindungi Laut di Dunia

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat membuka pertemuan pendahuluan B20
Sumber :
  • ANTARA/Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo turut menyampaikan pidatonya dalam acara One Ocean Summit yang digelar di Prancis 9-11 Februari 2022. Pertemuan itu adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memobilisasi masyarakat internasional agar mengambil tindakan nyata menuju pelestarian dan mendukung laut yang sehat dan berkelanjutan.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dalam kesempatan itu, Jokowi terlebih dahulu menyampaikan apresiasi kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron. Karena atas dukungan Macron kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia saat ini. Oleh karena, komitmen Indonesia untuk menciptakan laut yang sehat tidak perlu diragukan lagi.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, lingkungan laut yang sehat adalah kunci keberlanjutan pembangunan Indonesia. Indonesia bangga menjadi salah satu negara di garda terdepan dunia dalam hal perlindungan laut," kata Jokowi, Jumat, 11 Februari 2022.

Ekosistem Laut Indonesia yang terancam

Photo :
  • vstory
3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Jokowi mengatakan, Indonesia menargetkan untuk menghadirkan 32,5 juta hektare kawasan konservasi perairan laut pada tahun 2030. Sampai tahun 2021 ini Indonesia sudah mencapai 86,5 persen dari target yang ditetapkan tersebut.

Capaian tersebut tentu merupakan hasil yang baik yang telah dicapai oleh Indonesia. Jokowi optimistis, Indonesia dapat memenuhi target yang telah ditetapkan pada tahun 2030 nanti.

"Kami memiliki komitmen mencapai target kawasan konservasi perairan laut seluas 32,5 juta hektare pada tahun 2030. Sampai dengan tahun 2021 kami telah berhasil mencapai seluas 28,1 juta hektare, atau 86,5 persen. Kami optimis komitmen kami di tahun 2030 bisa terpenuhi," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya