Hercules TNI AU Mendarat di Papua, Bawa Ratusan Liter Minyak Goreng

Pesawat Hercules TNI AU mengangkut minyak goreng ke Papua
Pesawat Hercules TNI AU mengangkut minyak goreng ke Papua
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara membantu distribusikan minyak goreng untuk masyarakat Papua, mengantisipasi kelangkaan minyak goreng di wilayah paling timur Indonesia itu. Distribusi minyak goreng itu sesuai instruksi Panglima TNI kepada KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Atas perintah Panglima TNI, KSAU memberangkatkan satu pesawat Hercules A-1332 dari Surabaya membawa 1.100 koli minyak goreng bantuan pemerintah untuk masyarakat Papua, Rabu, 23 Februari 2022.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Silas Papare  Jayapura, Kolonel Nav Ari Sutopo mengatakan minyak goreng bantuan Kementerian Perdagangan ini akan didistribusikan dari Lanud Silas Papare ke Kabupaten Sorong, Merauke, Manokwari dan Jayapura. 

"Kita sudah bantu distribusikan 1.100 koli ke Sorong dan Jayapura. Ini sesuai perintah Panglima TNI untuk bantu distribusi minyak goreng di Papua," kata Kolonel Nav Ari Sutopo.

Menurutnya, pendistribusian minyak goreng ini dilakukan setelah Kementerian Perdagangan menyurat kepada Panglima TNI membantu stabilkan harga atau mengurangi kelangkaan minyak goreng di wilayah Papua.

"Kita sebagai satuan yang mendukung kegiatan penerbangan, tentu mendukung kebijakan-kebijakan panglima TNI. Jadi kita sudah distribusi ke Sorong itu 13.200 liter, dan untuk Jayapura. Rata-rata minyak goreng yang kita distribusikan ke semua 13.200 liter," ujarnya.

Ari Sutopo menambahkan TNI AU melalui Lanud Silas Papare membantu distribusi minyak goreng untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng di masyarakat.