Jokowi Presiden 3 Periode Digaungkan, Kali ini dari Para Petani

Presiden Jokowi bersama Menko Perekonomian Airlangga
Presiden Jokowi bersama Menko Perekonomian Airlangga
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Siak, Pekanbaru, pada Kamis, 24 Februari 2022. Di sana, Airlangga menerima aspirasi dari masyarakat petani di Kampung Libo Jaya, Siak.

Dalam dialog dengan Menko Airlangga, para petani meminta, agar pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo terus dilanjutkan hingga periode ketiga. Hal itu karena mereka merasa kebijakannya telah meningkatkan harkat hidup petani sawit.

Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Mendengar pernyataan itu, Airlangga pun menerima aspirasi para petani sawit tersebut. Namun ia belum bisa memberikan jawaban apapun, lantaran bukan kewenangannya.

"Aspirasinya kami tangkap tentang keinginan adanya kebijakan berkelanjutan dan juga ada aspirasi kebijakan yang sama bisa terus berjalan. Tentu permintaan ini, yang menjawab bukan Menko, karena Menko tadi menjawab urusan sawit," kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya.

"Karena kita punya topi dari parpol, dan hadir di sini anggota DPR RI, oleh karena itu aspirasi masyarakat dari Kabupaten Siak, terutama para pekebun dan petani kami serap. Karena kami ketua umum parpol memang tugasnya menyerap aspirasi rakyat," sambungnya.

Terkait aspirasi untuk minta berkelanjutan program dan perpanjangan pemerintahan Jokowi, Airlangga berjanji akan membicarakan hal ini dengan partai politik yang lain.

"Kami akan bicarakan aspirasi ini dengan pemimpin partai politik yang lain, dan bagi kami, bagi Partai Golkar aspirasi rakyat adalah aspirasi partai. Oleh karena kami akan terus menerima aspirasi rakyat dan tentu akan disalurkan," ungkapnya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Photo :

Dia pun mengakui berkat kebijakan Presiden Jokowi, pendapatan pekebun dari sawit saat ini naik hingga 3,5 kali lipat.

"Ini berkat kepemimpinan Bapak Presiden. Ini tentu kita sebagai parpol tentu kita akan dengarkan aspirasi tersebut, dan sekali lagi akan kami komunikasikan bahwa keberhasilan ini dirasakan oleh masyarakat dan masyarakat beraspirasi," tutur Airlangga.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengusulkan, agar Pemilu 2024 ditunda selama satu atau dua tahun. Wakil Ketua DPR RI itu menyebut jika usulan terlintas olehnya usai menerima pelaku usaha mikro, pengusaha, dan para analis ekonomi dari berbagai perbankan di kawasan Parelemen Senayan, Jakarta, Rabu kemarin, 23 Februari 2022.

"Saya mengusulkan Pemilu 2024 ditunda satu atau dua tahun. Usulan ini nanti akan saya sampaikan ke pimpinan-pimpinan partai dan presiden," ujar Muhaimin lewat keterangan tertulisnya.

Namun, usulan Muhaimin ini mendapat penolakan dari partai oposisi seperti PKS dan Demokrat. Bahkan, PDI Perjuangan selaku pengusung Jokowi juga menolak usulan tersebut. Mereka khawatir perpanjangan masa jabatan bakal menimbulkan instabilitas iklim politik di Indonesia.