Fakta Ritual Kendi IKN, Penyatuan Air dan Tanah dari 34 Provinsi

Gubernur Aceh Nova Iriansyah Serahkan Tanah dan Air untuk IKN ke Presiden Jokowi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Prosesi ritual penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia ke dalam satu kendi tatau disebut ritual kendi IKN telah dilaksanakan pada Senin, 14 Maret 2022 di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dilakukannya prosesi tersebut sebagai sebuah tanda dimulainya pembangunan IKN Nusantara dan apa yang dicita-citakan bisa terwujud. 

Hyundai Siap Sediakan Mobil Listrik untuk Pejabat Tinggi Indonesia

Presiden Jokowi bersama dengan para gubernur dan tokoh masyarakat setempat melakukan prosesi ini yang intinya adalah untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar program besar pembangunan IKN Nusantara ini bisa berjalan dengan baik. Berikut ini fakta ritual kendi IKN ang terdapat dalam ritual kendi IKN yang dikutip dari Viva. 

Sebagai momen bersejarah di IKN 

BIN Shows Commitment to Maintain Security of IKN Nusantara

Presiden Jokowi usai prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara

Photo :
  • Setkab

Ritual kendi IKN yang dilakukan merupakan prosesi menyatukan tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur dari masing-masing provinsi di Tanah Air ke dalam satu kendi. Tanah dan air yang dicampurkan ke dalam kendi menjadi satu itu dibawa oleh para gubernur dengan kekhasan dari wilayah mereka masing-masing.

BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

Sebagai simbol kebhinnekaan

Anies Serahkan Tanah dari Kampung Akuarium ke Presiden Jokowi di Titik Nol IKN

Photo :
  • VIVA/ Sadat - Tangkapan Layar

Prosesi ini dilakukan di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Menurut Jokowi sendiri acara ini menunjukkan bahwa Indonesia tetap menjunjung tinggi  Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu juga menjadi sebuah bentuk persatuan yang kuat untuk membangun Ibu Kota Negara Nusantara.

Dihadiri 34 gubernur dan 15 tokoh masyarakat

Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Kabinet di Titik Nol IKN

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Dalam acara penyatuan tanah dan air tersebut Jokowi didampingi oleh 34 gubernur yang datang dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Selain dihadiri para gubernur, prosesi ini juga dihadiri oleh 15 tokoh masyarakat yang berasal dari Kalimantan Timur. 

Gubernur Sulteng yang pingsan

Ritual IKN yang dilakukan dengan penyatuan tanah dan air tersebut juga sempat diwarnai dengan Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura yang pingsan. Usai mengikuti ritual kendi IKN Rusdy diduga mengalami kelelahan hingga pingsan. Selin itu didukung juga dengan cuaca yang sangat terik. Gubernur Sulteng tersebut langsung ditangani oleh tim dokter dari Kepresidenan.  

Penanaman pohon

Ada juga kegiatan lain yang dilakukan selain penyatuan tanah dan air yakni penanaman pohon khas dari 34 provinsi di seluruh Indonesia yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi beserta dengan jajaran 34 gubernur yang menghadiri acara tersebut. Jokowi sendiri diketahui menanam pohon Meranti Merah. Sementara Iriana Jokowi menanam pohon Kamper dan pohon khas dari DKI Jakarta yakni Pohon Kecapi ditanam oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Begitu juga dengan pohon khas lainnya yang berasal dari masing-masing provinsi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya