Sandiaga Singgung Penggunaan Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika

Sandiaga Salahudin Uno
Sumber :
  • YouTube VIVA.co.id

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan faktor cuaca menjadi masalah penting dalam gelaran MotoGP Mandalika, Lombok NTB. Bahkan, pawang hujan sekalipun kata Sandi, tidak sanggup menghalangi hujan di sekitar Sirkuit Mandalika.

Marc Marquez Harus Kehilangan Uang Pribadinya Jika Masuk Pabrikan Ducati

Sandi menuturkan, sebelumnya mereka sempat menyewa jasa pawang untuk mencegah hujan. Yakni ketika World Superbike di Mandalika pada November 2021 lalu. Namun, hujan waktu itu tetap turun deras. Alhasil, ia kapok memakai jasa seperti pawang hujan.  

"Waktu World SuperBike itu ada pawang. Tapi akhirnya pawangnya menuntut pihak panitia pak," kata dia dalam rapat kerja di Komisi X DPR RI, Rabu, 16 Maret 2022.

Sandiaga Uno: Lulusan Perguruan Tinggi Wajib Miliki Daya Saing Tinggi

Sirkuit Mandalika.

Photo :
  • Dokumentasi PT PP.

Karena itu, selain pakai jasa pawang, kata Sandi, pihaknya juga bakal menggunakan rekayasa cuaca, yang melibatkan BRIN, BMKG, dan TNI AU.

Bos Honda Santai Hadapi Regulasi Baru MotoGP dengan Mesin Motor Jadi 850cc

"Namanya teknologi modifikasi cuaca. Jadi melibatkan BRIN, BMKG dan TNI AU kami harapkan bisa membantu memitigasi situasi," ujarnya.

Meski begitu, lanjut Sandi, pihaknya tetap mewaspadai cuaca buruk selama balapan berlangsung.

Selain itu, politikus Partai Gerindra itu memastikan persiapan pelaksanaan MotoGP sudah 100 persen. Sandi mengatakan, ia dan Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono juga telah mengecek kesiapan jelang hari balapan.

"Baru kemarin kami merampungkan rapat sinkronisasi putaran ke-12 dengan Pak Hadi dan jajaran, semuanya sudah ready to go, 100 persen," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya