Mendagri: 2.500 Pilkades Berlangsung Aman di Tengah Lonjakan COVID-19

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Dokumentasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan, sebanyak 2.500 pemilihan kepada desa (Pilkades) serentak pada tahun 2021 berlangsung aman dan lancar. Padahal saat itu masih berlangsung pandemi COVID-19, khususnya varian Delta.

Mendagri Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,11 Persen, tapi Akui Masih Belum Merata

"Untuk Ditjen Bina Pemerintahan Desa yang paling utama adalah sudah dilaksanakan 2.500 Pilkades serentak dalam keadaan aman, kondusif meskipun di tengah pandemi COVID-19," kata Tito saat rapat kerja dengan Komisi II, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 5 April 2022.

Purnawirawan Jenderal Polisi itu mengatakan, pada tahun 2021 masih berlangsung pandemi COVID-19 khususnya varian Delta. Namun, dia bersyukur Pilkades berjalan lancar, tanpa adanya lonjakan kasus akibat penyelenggaraan Pilkades Serentak tersebut.

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pengajuan Percepatan Pilkada 2024

Ilustrasi Pilkades

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

"Pilkades tetap kita jalankan dan alhamdulillah tidak ada lonjakan di daerah-daerah. Cuma mungkin banyak media tidak meng-cover, tapi ini prestasi, pendapat saya, bisa aman tanpa lonjakan COVID-19," kata mantan Kapolri tersebut.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Selain itu, Tito menuturkan, dari 2.500 Pilkades tersebut, sebanyak 155 desa menyelenggarakan Pilkades dengan menggunakan e-voting. 

"Sekaligus juga memfasilitasi penerapan e-voting. Jadi e-voting sudah dilaksanakan dalam Pilkades di 155 desa di tahun 2021," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya