Ratusan Personel Bersenjata Api Amankan Paskah di Solo

Polisi diturunkan amankan Paskah di Solo, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Polresta Solo melakukan serangkaian pengamanan untuk pelaksanaan Paskah. Untuk menjamin keamanan beribadah, polisi menerjunkan sebanyak 375 personel untuk mengamankan ratusan gereja di Solo. 

Ribuan Warga Yahudi Israel Memaksa Masuk dan Gelar Ibadah di Masjid Al-Aqsa

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan, ratusan personel bersenjata api itu akan mulai diterjunkan hari ini.

"Para personel akan dibekali senjata api dalam pengamanan gereja sejak Kamis sore malam sampai Jumat besok," ujar Ade, Kamis, 14 April 2022.

Bicara Kasus yang Menyeret Sang Adik, Via Vallen: Berani Berbuat Harus Berani Bertanggung Jawab

Selain menerjunkan personel bersenjata api, juga telah dilakukan sterilisasi gereja oleh Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Gegana Satuan Brimob Polda (Sat Brimobda) Jawa Tengah, dan Unit K-9 Satuan Samapta Polresta Surakarta.

"Kita ingin memastikan pelaksanaan ibadah Paskah di Solo aman, tertib, lancar dan sehat," ujarnya.

Buntut Kasus Penggelapan Motor, Via Vallen Makin Bongkar Tabiat Buruk Sang Adik

Beragam Persiapan Jelang Perayaan Hari Suci Paskah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Menurutnya, setiap gereja akan di-setting personel pengamanan, baik terbuka dan tertutup untuk mengamankan kegiatan perayaan Paskah di seluruh gereja Kota Solo.

"Kita akan apel gelar pasukan terlebih dulu. Sebelum ibadah Paskah dimulai, kita lakukan sterilisasi," katanya. 

Pengamanan gereja berlaku 1x24 jam. Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pengurus gereja untuk pengamanan serta penerapan protokol kesehatan.

Disinggung sempat adanya temuan benda mencurigakan di lokasi tak jauh dari gereja, ia memastikan pengamanan di luar gereja sesuai standar operasional prosedur (SOP). Ia juga menggandeng ormas dalam mengamankan gereja. "Polri bersama TNI menjamin keamanan selama ibadah paskah di Kota Solo," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya