Ziarah ke Makam Bung Karno, Ganjar Ingatkan Warisan Persatuan

Ganjar Pranowo berziarah ke makam Soekarno di Blitar, Jawa Timur
Ganjar Pranowo berziarah ke makam Soekarno di Blitar, Jawa Timur
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bersama ulama kesohor Nahdlatul Ulama (NU) Gus Muwafiq, berziarah ke makam Presiden Pertama RI Soekarno alias Bung Karno di Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

Usai memanjatkan doa di tengah pusara makam Bung Karno, Gus Muwafiq menyampaikan kepada Ganjar, bahwasanya Indonesia beruntung memiliki pemimpin seperti Bung Karno, yang bisa menyatukan semua golongan menjadi satu kesatuan.

"Bung Karno dari Blitar mampu menyatukan bangsa dan negara. Padahal dulu kalau Bung Karno mau ikut Belanda, beres. Tapi Bung Karno atas nama bangsa Indonesia, artinya hebat Indonesia punya orang-orang yang punya pemikiran besar," ujar Gus Muwafiq, dikutip Minggu, 17 April 2022.

Mantan asisten pribadi Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu meneruskan, selain mampu mempersatukan Indonesia, Bung Karno juga dinilai sangat berjasa dalam menjaga keamanan bangsa dan negara.

Hal itu ditunjukkan dengan kerukunan yang telah terbangun dari segala perbedaan yang ada di Indonesia. Gus Muwafiq menyebutkan, jika manusia pada suatu bangsa bisa terjaga, maka agamanya juga akan ikut terjaga. 

"Kalau Nabi Muhammad SAW, wa haazal baladil amiin, demi keamanan bangsa dan negara. Laqad khalaqnal insaana fii ahsani taqwiim, manusia itu dibikin yang terbaik, mesti dijaga. Manusia terjaga, agamanya juga terjaga," tutur Gus Muwafiq.

Senada dengan Gus Muwafiq, Ganjar mengatakan, begitu banyak nilai-nilai kebangsaan yang diwariskan Bung Karno untuk Indonesia. Salah satunya adalah persatuan.