Persyaratan Bikin SKCK Online, Tak Perlu Antre dan Praktis!

SKCK.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Persyaratan bikin SKCK online ternyata memudahkan kita untuk melakukan proses pembuatan SKCK.  SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini merupakan salah satu berkas dokumen penting yang biasanya dilampirkan dalam proses melamar pekerjaan.

Syarat Membuat SKCK Secara Online dan Offline Terbaru

SKCK merupakan dokumen resmi dari Polri yang diberikan pada pemohon atau para calon pelamar kerja sebagai sebuah bukti jika tidak adanya catatan buruk dalam bentuk kriminalitas maupun kejahatan lain yang dimiliki seseorang. 

SKCK biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan di beberapa instansi pemerintah, BUMN, dan sebagian perusahaan. Proses pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) kini lebih dipermudah, lantaran bisa dilakukan secara online.

Ditunjuk jadi Bos BUMN, Haruskah Ahok Urus SKCK?

Di mana, para pemohon atau para calon pelamar kerja tidak perlu repot-repot untuk datang ke Polsek/Polri untuk membuat SKCK ini. Mereka juga tidak perlu lagi berlama-lama antre panjang untuk bisa membuat dokumen SKCK ini. 

Proses pembuatan SKCK online ini juga dilakukan demi menguranginya interaksi sosial yang terjadi para para pemohon. Di mana semenjak adanya wabah Covid-19, semuanya lebih diperketat, begitu pun dalam membuat SKCK.

Tips Buat SKCK Online, Gampang dan Gak Perlu Calo

Para pemohon atau pembuat SKCK diharapkan bisa mengikuti prosedur dan mempersiapkan segala berkas yang dibutuhkan sebelum melakukan proses pembuatan SKCK secara online. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk mendaftar permohonan SKCK yaitu dengan online menggunakan handphone.

Proses satu ini terbilang mudah dan praktis, untuk mengetahui lebih jelasnya Anda bisa membuka situs resmi Polri terkait SKCK.

Ingat, sebelum melakukan proses pendaftaran SKCK, adanya baiknya persiapkan lebih dulu file-file atau dokumen penting yang menunjang dalam proses pembuatan SKCK tersebut. 

Nah berikut ini akan kami bagikan cara membuat SKCK Online, dan juga berbagai macam hal yang dibutuhkan dalam pembuatan SKCK. 

Persyaratan SKCK Online

SKCK.

Photo :
  • U-Report

Adapun berikut ini informasi lengkap tentang pembuatan dan persyaratan bikin SKCK online. Berikut adalah syarat buat SKCK yang harus disiapkan oleh para pemohon atau para calon pelamar kerja.

1. Fotokopi KTP dan KTP Asli
2. Fotokopi Paspor (jika ada)
3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
4. Fotokopi akte kelahiran/ijazah
5. Foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 6 lembar, backgroun berwarna merah, pakaian sopan dan rapi, tampak muka. Bagi pemohon yang memakai jilbab pas foto harus menunjukan bagian muka secara utuh
6. Fotokopi Paspor
7. Fotokopi kartu identitas lain bagi pemohon yang belum mendapatkan KTP

Proses Pembuatan SKCK Online

Untuk membuat SKCK, bisa dilakukan secara online maupun offline. Berikut ini terdapat alur pembuatan SKCK online yang perlu kalian perhatikan.

Buka Akun Laman Resmi Polri

Sama dengan cara offline, pembuatan SKCK online juga dilakukan di lembaga Polri. Namun berbeda dengan kali ini, metode daring melalui laman resmi Polri yaitu https://skck.polri.go.id. Setelah laman itu terbuka, klik kolom "Formulir Pendaftaran" pada bagian kanan atas.

Isi Formulir Pendaftaran SKCK Online

Untuk membuat SKCK berikutnya, yaitu dengan mengisi formulir pendaftaran yang ada pada website tersebut. Lengkapi semua dan jangan ada yang terlewat satu pun. Ada beberapa hal yang harus Anda lengkapi seperti yang ada berikut ini.

- Jenis keperluan
- Satwil
- Identitas pribadi
- Informasi keluarga
- Riwayat Pendidikan
- Perkara pidana
- Ciri fisik                                                                                                                                                                      - Keterangan Lainnya                                                                                                                                                    – Upload foto                                                                                                                                                                – Lampirkan Rumus Sidik Jari

Lakukan Pembayaran

Setelah Anda selesai mengisi formulir, Anda akan diberikan tanda bukti pendaftaran dan nomor untuk melakukan pembayaran sejumlah uang yang digunakan sebagai syarat administrasi pembuatan SKCK. Pembayaran dapat dilakukan melalui bank BRI maupun secara tunai di loket pembayaran kantor Polisi.

Setelah ada selesai melakukan pembayaran pastikan bahwa Anda sudah mencetak tanda bukti pembayaran

Biaya SKCK

Terkait untuk proses pembuatan SKCK akan dikenakan biaya berkisar sebesar Rp. 30.000 bagi warga negara Indonesia dan Rp. 60.000 bagi warga negara asing.

SKCK Bisa Diambil

Pengambilan SKCK bisa dilakukan dengan langsung bertanda ke kantor polisi yang sudah dipilih sebelumnya untuk mengambil SKCK. Ketika hendak mengambil, jangan lupa untuk membawa tanda bukti pembayaran dan pendaftaran untuk petugas.

Demikian persyaratan untuk proses pembuatan SKCK. Berharap ini bisa memudahkan Anda dalam membuat SKCK secara online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya