Tiket Bus dari Banda Aceh ke Medan Habis Terjual Hingga H-1 Lebaran

Pemudik menggunakan Bus (ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA - Pemudik yang berangkat dari Kota Banda Aceh menuju Medan, Sumatera Utara, yang menggunakan kendaraan umum bus meningkat sejak H-7 lebaran. Bahkan memasuki H-4 lebaran tiket bus di Terminal Type A Batoh, Banda Aceh, habis terjual.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Pemudik menggunakan bus (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Habis Dipesan Pemudik

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Kepala Terminal Type A Batoh, Banda Aceh, Heriyanto, mengatakan sejak kemarin Rabu, 27 April 2022, hingga H-1 lebaran semua tiket bus keberangkatan dari Banda Aceh ke Medan sudah habis dipesan pemudik.

Namun, untuk keberangkatan ke daerah dalam Provinsi Aceh masih ada tiket dan belum penuh. Untuk tujuan Medan, rata-rata pemudik memesan tiket sudah jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

“Mulai tanggal 27 April hingga H-1 lebaran itu untuk tiket kita sudah full untuk keberangkatan Banda Aceh-Medan. Hanya tersisa untuk tujuan dalam daerah Aceh,” kata Heriyanto, Kamis, 28 April 2022.

Baca juga: Pemudik Motor Penuhi Pelabuhan Merak, Begini Trik Polisi

Meningkat Dibanding Hari Biasa

Kata dia, dari H-7 lebaran jumlah pemudik yang menggunakan bus tujuan Sumatera Utara berkisar 1.200 penumpang per hari. Jumlah itu meningkat berkali lipat dari hari biasanya berjumlah rata-rata 400 penumpang.

Ia memprediksi puncak arus mudik dari terminal Batoh, Banda Aceh akan terjadi pada hari ini. Itu juga tergantung armada bus yang tersedia di Banda Aceh.

Sebab penumpang bus dari Medan tujuan Banda Aceh sepi. Sehingga armada bus terpaksa mendelay keberangkatan karena sepinya penumpang.

“Ini tergantung armada yang diberangkatkan dari Medan ke Banda Aceh. Kalau banyak, ya penumpang bisa naik. Biasanya kondisi seperti ini keberangkatan Banda Aceh ke Medan itu full, sebaliknya dari Medan ke Banda Aceh itu justru gak ada penumpang lagi,” kata Heriyanto.

Pihaknya juga memastikan hingga H-4 lebaran tidak ada penumpukan penumpang di terminal Type A Batoh, Banda Aceh. Semua pemudik diberangkatkan sesuai jadwal tiket yang mereka pesan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya