Wujudkan Smart City, Bupati Trenggalek Tergerak Arahan Megawati

Bupati Trenggalek, Muhammad Arifin.
Sumber :

VIVA - Bupati Trenggalek Jawa Timur, Mochamad Nur Arifin, mengerahkan seluruh potensi yang ada di wilayahnya untuk mencari terobosan baru yang sarat inovasi bagi peningkatan pelayanan publik agar memenuhi seluruh kriteria untuk menjadi smart city Indonesia.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin alias Gus Ipin dalam acara istigasah di Trenggalek, Jawa Timur, pada Selasa, 22 Januari 2019.

Photo :
  • Gus Abid Umar untuk VIVA

5 Aplikasi Pelayanan Publik

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Hasilnya, Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang dipimpin oleh pria yang biasa disapa Mas Ipin ini, telah memiliki setidaknya 5 aplikasi pelayanan publik terkini kekinian yang cepat, mudah, terukur dan transparan, sebagai wujud transformasi birokrasi.

“Mendengar arahan Ibu Megawati dan Bapak Jokowi, kami semakin tergerak untuk mengakselerasi ide-ide besar, inovasi, gagasan serta terobosan yang inovatif, agar Pemkab Trenggalek dapat memenuhi seluruh aspek dan kriteria sebuah smart city,” kata Arifin kepada wartawan, Kamis, 28 April 2022.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

“Alhamdulillah, sudah ada lima aplikasi pelayanan publik, yakni e-link, cafe pelayanan publik digital, petung dadi versi 2.0, survei kepuasan masyarakat, dan smart bench wifi corner yang sudah dapat dinikmati masyarakat,” lanjutnya.

Baca juga: Kapolri Resmikan Solo Jadi Proyek Percontohan Smart City di Indonesia

Kerjasama dengan Kominfo

Terobosan dan inovasi tersebut membuat Pemkab Trenggalek mendapat kesempatan untuk menjalin kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk mewujudkan smart city Indonesia.

Arifin bahkan telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU secara virtual dengan Kemenkominfo, sehingga Pemkab Trenggalek akan mendapat pendampingan penyusunan masterplan smart city tahun 2022 bersama 50 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

Pendampingan dalam menyusun masterplan smart city, memiliki tujuan agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

“Jadi komitmen Pemkab Trenggalek dinilai baik oleh Kemenkominfo sehingga ke depan nanti, akan ada pendampingan khusus dari Kominfo untuk Trenggalek menuju smart city,” katanya.

“Kabupaten Trenggalek ditunjuk karena beberapa dasar-dasar atau beberapa penerapan dari smart city sudah ada sehingga tinggal dipertajam,” tambahnya.

Aplikasi e-Link

Aplikasi e-link yang dibuat Pemkab Trenggalek adalah aplikasi layanan kesehatan puskesmas yang terintegrasi secara nasional sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan layanan.

Kemudian cafe pelayanan publik (CPP) digital memiliki dua fitur utama termasuk manajemen antrean masyarakat bisa melakukan antrean online maupun offline untuk mendapatkan pelayanan di CPP.

Sementara aplikasi petung dadi versi 2.0 adalah aplikasi pelayanan masyarakat di tingkat desa dan kecamatan yang merupakan pengembangan dari versi 1 yang telah dimulai beberapa tahun lalu dengan beberapa fitur baru.

Untuk aplikasi e-Survei kepuasan masyarakat atau SKM Online, merupakan aplikasi survei kepuasan masyarakat atas layanan OPD yang dapat dilakukan secara online.

Kemudian Trenggalek smart bench, desain wifi corner yang ramah lingkungan dengan fitur akses free wifi serta media promosi dan sosialisasi program strategis secara audio visual.

Kota Cerdas atau smart city yang diinisasi serta digaungkan oleh Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputeri, melalui Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-government, terus berlanjut hingga saat ini.

Di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo, implementasi program smart city di Indonesia diharapkan dapat mempercepat perwujudan Indonesia sebagai smart nation.

“Gerakan anak muda untuk berpartisipasi dalam mendukung smart city dan mewujudkan pemerintahan yang responsif. Saya berharap smart city dan mempercepat terwujudnya Indonesia smart nation,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya