Sepekan Diresmikan Jokowi, Segini Jumlah Penumpang Bandara Trunojoyo

Bandara Trunojoyo, Sumenep Madura.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA – Sepekan setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, jumlah penumpang di Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur, belum begitu menggairahkan, baik untuk penerbangan komersial maupun perintis. 

KAI Tambah 7 Kereta Api di Libur Long Weekend, Simak Rute-rutenya

Padahal, saat ini sudah memasuki musim mudik Lebaran. Namun demikian, otoritas bandara menyampaikan bahwa angkanya terbilang stabil.

Kepala Bandara Trunojoyo Muhammad Arqodri Arman menyampaikan, bandara yang berlokasi di ujung timur Pulau Madura itu melayani satu rute komersial dengan dua maskapai, yakni Wings Air dan Citilink ATR 72 dengan kapasitas maksimal 72 penumpang. Penerbangan komersial melayani rute Surabaya-Sumenep (PP).

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

“Untuk Wings Air melayani Kamis dan Sabtu, untuk Citilink Jumat dan Minggu,” katanya dihubungi VIVA pada Kamis, 28 April 2022.

Presiden Jokowi di Bandara Trunojoyo, Madura.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.
Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

Kedua, lanjut Arqodri, melayani rute Sumenep-Bawean, Sumenep-Pagerungan dan Sumenep-Banyuwangi. Rute ini menggunakan pesawat perintis dengan kapasitas penumpang maksimal 12 penumpang. “Kalau penerbangan perintis ini sudah ada sebelum bandara diresmikan oleh Presiden Jokowi,” ujarnya.

Untuk penerbangan komersial, menurut Arqodri, baru dimulai pada Kamis ini. Dia mengatakan jumlah penumpang lumayan, yaitu 30 orang, baik dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Sumenep ke Surabaya. “Ini penerbangan pertama menggunakan Wings Air. Kalau Citilink belum mulai [karena jadwalnya Jumat dan Minggu],” ujarnya.

Untuk penerbangan perintis, Arqodri menyampaikan bahwa penumpang juga ada, terutama untuk rute Sumenep-Pagerungan. Namun, dia enggan menyampaikan secara detail apakah terjadi peningkatan jumlah penumpang untuk penerbangan perintis tersebut menjelang Lebaran. “Kalau untuk komersial kita masih belum bisa mengukur karena baru penerbangan pertama,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan Bandar Udara Trunojoyo, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, Rabu, 20 April 2022. Dalam kesempatan tersebut Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Jokowi mengucap syukur karena proses pembangunan bandara tersebut berjalan lancar. Menurutnya bandara ini akan memenuhi kebutuhan masyarakat Madura dalam bidang transportasi.

"Alhamdulillah Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep Madura telah selesai dibangun dan siap untuk dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di pulau Madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar Madura," kata Jokowi, Rabu, 20 April 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya