Persiapan Puncak Arus Mudik di Gerbang Tol Merak Malam Ini

Pelabuhan Penyeberangan Merak
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Gerbang Tol (GT) Merak mengoperasionalkan empat gardu exit, ditambah dua gardu tandem untuk mengurangi antrean kendaraan di dalam ruas tol. Meski begitu, penumpukan kendaraan pemudik tidak bisa lancar masuk ke dalam pelabuhan karena padatnya arus lalu lintas di Jalan Cikuasa Atas maupun Bawah.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Antisipasi antrean arus mudik, kami optimalkan seluruh gardu, khusus di GT Merak ada 4 gardu exit, 2 gardu tandem tambahan dan mobile reader yang digunakan petugas tambahan jemput bola ke  pengguna jalan," kata Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas PT Marga Mandala Sakti (MMS), Uswatun Hasanah, melalui pesan elektroniknya, Kamis, 28 April 2022.

Uswatun mengimbau, agar pemudik memanfaatkan rest area yang ada untuk beristirahat dan tidak terburu-buru sampai ke Pelabuhan Merak, jika masih memungkinkan. Jika kemudian memanfaatkan rest area untuk beristirahat, bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas menuju Pelabuhan Merak.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Pilihan lainnya, pemudik bisa memilih keluar melalui GT Cilegon Timur maupun GT Serang Barat dan melewati jalan protokol yang menyediakan banyak lokasi istirahat, tempat ibadah hingga tempat makan.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"Kami juga intensif memberikan imbauan kepada pengguna jalan yang menuju ke Merak melalui VMS dan informasi di GT Cikupa agar dapat memanfaatkan rest area km 68 A," ujarnya.

Pemudik yang terjebak kemacetan di ruas tol Tangerang-Merak, terutama di GT Merak, bisa memanfaatkan musala hingga toilet yang ada di kantor PT MMS. Di lokasi itu juga disediakan pelayanan kesehatan gratis untuk pemudik.

"Fasilitas pendukung yang kami sediakan di GT Merak baik untul toilet, maupun ibadah salat. Di GT Merak sendiri kami menambahkan WC portable dan ada fasilitas pos kesehatan. Kami menyediakan portable toilet di beberapa titik di jalur menuju ke Merak maupun Jakarta mulai dari KM 94," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya