Wakapolri Beberkan Sebab Kemacetan dan Antrean Panjang Pelabuhan Merak

Antrean di Pelabuhan Merak
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono mengatakan bahwa volume kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, pada Jumat, 29 April 2022, yang diprediksi menjadi puncak arus mudik, masih tinggi.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"Hari ini sampai kilometer 98 (tol Tangerang-Merak) masih ada antrean kendaraan. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Polda Banten dan pihak ASDP, hal itu karena jumlah kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak juga tinggi," katanya di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat.

Menurut pria asal Sumatra Barat itu, dalam keadaan normal, hanya ada enam sampai tujuh ribu kendaraan yang mengarah ke Pelabuhan Merak per hari. Sementara sekarang jumlah kendaraan yang datang ke Pelabuhan Merak mencapai di kisaran 30 ribu unit per 24 jam. "Itu membuat antrean ke kapal penyeberangan roro (roll on-roll off) menjadi panjang," katanya.

Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Kepabeanan bersama KSOP dan TNI AL

Kemacetan Parah Pemudik menuju Pelabuhan Merak di Jalan tol Tangerang-Merak.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Tetapi, katanya, bukan hanya kepadatan kendaraan yang membuat antrean mengular di Pelabuhan Merak. Ada faktor lain yang menciptakan situasi itu seperti kondisi cuaca, angin, hujan dan ombak.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Dia meminta para pemudik menuju Sumatera untuk bersabar dalam mengantre karena memang kuantitas kendaraan lebih banyak dari biasanya dan beberapa kali ada hambatan dari alam.

"Kami pun akan terus mengevaluasi jika ada permasalahan. Kami mau masyarakat naik lebih cepat ke kapal roro dan sampai dengan selamat di tujuan masing-masing," kata laki-laki berumur 56 tahun itu.

Gatot mendatangi Pelabuhan Merak pada Jumat siang. Dia melihat aktivitas pelabuhan, penumpang termasuk memantau langsung kapal penyeberangan yang digunakan pemudik.

Berdasarkan catatan PT ASDP Indonesia Ferry, sejak Kamis pagi sampai Jumat waktu yang sama, total ada 112.608 penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni. Jumlah itu meningkat dibandingkan hari sebelumnya yakni 94.561 penumpang.

Dari segi total kendaraan per 24 jam pun bertambah dari 21.574 unit pada 27-28 April 2022 pagi, menjadi 26.807 unit. Dari jumlah itu, kuantitas kendaraan roda dua meninggi siginifikan, dari 5.499 menjadi 10.697 unit. Kendaraan roda empat bertambah pula dari 12.876 menjadi 14.047 unit. Tetapi jumlah truk justru menurun dari 2.678 hari sebelumnya, kini berubah 1.488 unit. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya