Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Ketua Rampai Nusantara (Doc: Istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta – Organisasi kemasyarakatan Rampai Nusantara mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas lancarnya arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024.

Kejagung Blak-blakan soal Oknum Polri Penguntit Jampidsus: Ditangani Propam

Ketua Umum Rampai Nusantara Mardiansyah Semar menyampaikan keberhasilan Polri dalam menjaga keamanan dan kelancaran mudik Lebaran merupakan kerja keras Kapolri yang langsung turun ke lapangan memantau anggota yang bertugas. 

"Sungguh tidak mudah mengatasi lonjakan pemudik yang mencapai 193,6 juta jiwa dan Kapolri berhasil menerapkan berbagai strategi yang jitu untuk mengatasi agar arus mudik dan balik dapat berjalan dengan baik, dan tentu Pak Kapolri yang turun langsung memastikan segala persiapan dan memantau anggota yang sedang bertugas menjadi kunci keberhasilan ini," kata Semar dalam pernyataannya, pada Kamis, 18 April 2024.

Jampidsus Febrie Adriansyah Buka Suara soal Penguntitan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Semar menilai dari tahun lalu arus mudik dan balik tahun 2024 jauh lebih baik meskipun sedikit ada kendala seperti kemacetan di pelabuhan Merak akibat antrian kendaraan dan masyarakat yang akan membeli tiket. 

Polisi Blak-blakan Ungkap Peran 2 Tersangka Baru Kasus Kecelakaan Bus Maut di Subang

"Tentu masih ada beberapa kendala yang menyebabkan kemacetan seperti yang terjadi dipelabuhan merak yakni menumpuknya calon penumpang yang tidak sesuai dengan tiket penyeberangan yang dibeli atau banyak orang yang belum memiliki tiket sudah datang ke Pelabuhan Merak sehingga ini menghambat proses penyeberangan, namun demikian secara umum masih dapat di atasi dengan baik dan tentu diharapkan akan menjadi bahan evaluasi agar tidak terjadi di tahun berikutnya," ujar Semar. 

Lebih lanjut, Semar menilai keberhasilan polri dalam mengatur arus mudik dan arus balik kali ini juga ditandai dengan berkurangnya angka kecelakaan yang menurun dari tahun sebelumnya mencapai 13 persen.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memantau arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

"Berdasarkan data Korlantas Polri, angka kecelakaan menurun 13 persen dari yang sebelumnya di tahun 2023 terdapat kecelakaan 3.412, menjadi 2.985 orang dan angka yang meninggal dunia karena kecelakaan juga turun 17 persen dibandingkan tahun lalu," tambah Semar. 

Diakhir, ia mengucapkan selamat datang kembali dan beraktivitas seperti biasa untuk masyarakat yang telah menjalani masa liburan lebaran di kampung halaman masing-masing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya