Puncak Arus Balik Diprediksi 6-8 Mei, Ini Saran Kakorlantas

Antrean panjang di menuju Pelabuhan Merak saat puncak arus mudik Lebaran 2022.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan kembali dari kampung halaman lebih awal. Hal itu dia sampaikan agar masyarakat terhindar dari kemacetan di jalan tol, jalan nasional maupun kepadatan di pelabuhan seperti di Merak-Bakauheni.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Pihak Kepolisian juga memberikan imbauan agar masyarakat dapat mempertimbangkan kembali untuk pulang lebih awal agar terhindar dari puncak arus balik yang cukup tinggi.

“Kami juga akan tentunya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang nanti akan melaksanakan kegiatan arus balik perlu dipertimbangkan bahwa kalau kita menggantungkan nanti pada tanggal 6, 7, dan 8 (Mei) itu juga nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelang arus balik mudik 2022 dalam Instagram @ntmc_polri, Selasa 3 Mei 2022.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Selain mengimbau untuk pulang lebih awal dari kampung halaman, Firman juga menyarankan apabila masih memiliki cuti maka bisa kembali dari kampung halaman setelah tanggal 9 Mei 2022 saja.

“Oleh karena itu mungkin bisa dipertimbangkan setelah melakukan silahturahmi dengan keluarga, bisa dimanfaatkan waktu juga untuk pulang lebih awal, kalau memang waktunya cukup bagi yang cuti bisa menggunakan pulang setelah tanggal 9. Sekali lagi untuk kenyamanan kita semua,” tambahnya.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Sebelumnya diketahui mudik Lebaran pada tahun ini setidaknya dilakukan oleh 85,5 juta orang yang melakukan perjalanan mudik. Selain itu ada 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor yang digunakan untuk melakukan perjalanan mudik tahun ini.

Kemacetan sempat terjadi di tol akibat adanya one way. Namun perjalanan Idul Fitri 2022 relatif aman hingga hari kedua pada Lebaran 2022.
 

Suasana autogate di bandara soekarno-hatta, tangerang

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Kenaikan jumlah penumpang itu yang pergi meninggalkan Indonesia atau ke luar negeri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024