Di Bali, Wakil Presiden Ma'ruf Amin Bicara Penguatan Produk Lokal

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin di Bali
Sumber :
  • VIVA/ Ni Putu Putri Muliantari

VIVA – Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin datang ke Bali untuk membuka Rakernas APPSI (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia) tahun 2022 pada Senin, 9 Mei 2022 malam.

Wapres Ma’ruf Amin Berharap Kabinet Prabowo-Gibran Diisi Kalangan Profesional

Dalam kesempatannya, wapres memberikan arahan kepada Gubernur seluruh Indonesia yang hadir. Yang paling ditekankan oleh Wapres Ma'ruf salah satunya soal penguatan produk lokal.

Dampak pandemi COVID-19 telah mengubah kondisi perekonomian masyarakat. Sehingga ia menilai bahwa pemerintah harus berjuang dengan meningkatkan kembali perekonomian masyarakat.

Kata Wapres Ma’ruf Amin Jumlah Kementerian Saat Ini Sudah Ideal

“Saya minta program-program lebih banyak difokuskan pada penguatan daya beli dan penurunan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi,” ujar Mar'ruf Amin saat membuka kegiatan di Hotel Discovery Kartika Plaza Bali, dikutip Selasa, 10 Mei 2022.

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia itu juga meminta, agar para gubernur yang hadir dalam Rakernas APPSI, meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Pemerintah daerah agar mampu menciptakan ekosistem yang mendukung pengoptimalisasian kemampuan dan bakat dari sumber daya manusia yang ada. Terutama bagi generasi muda.

Kembangkan Kampung Wisata Ulos, Taspen Diapresiasi Wapres Ma'ruf

Penguatan produk lokal yang digaungkan wapres, juga dinilai mampu memperkuat ketahanan ekonomi nasional. Terutama saat menghadapi berbagai tantangan ekonomi global saat ini.

“Seluruh aparat pemerintah daerah agar memberikan contoh dalam penggunaan produk-produk dalam negeri, sehingga produk buatan kita menjadi raja di rumah sendiri,” sambungnya.

Lebih lanjut dia juga mengajak pemerintah daerah, untuk menunjukkan komitmen keberpihakan terhadap UMKM. Salah satunya dengan pemberian subsidi bunga pinjaman, restrukturisasi kredit, pemberian modal kerja, insentif perpajakan, dan penguatan teknologi digital bagi pengusaha UMKM.

Lebih lanjut, juga Ma'ruf turut mendorong para pemerintah daerah mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas sebagai upaya terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Usai membuka Rakernas APPSI tahun 2022 di Bali pada malam tadi, siang ini Mar'uf Amin melanjutkan kegiatannya dengan berkunjung ke Pantai Kuta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya