Jalan Tol Semarang Macet Total Gara-gara Truk Kontainer Oleng

Jalan Tol Semarang ABC macet total sepanjang hampir 10 kilometer.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

VIVA - Sebuah truk kontainer mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Tol Semarang Tembalang KM 430, Kamis, 12 Mei 2022, siang. Truk yang tak kuat menanjak di jalan tol kemudian oleng dan miring.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Jalan Tol Semarang ABC macet total sepanjang hampir 10 kilometer.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

Macet Hampir 10 km

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Bodi truk dan kontainer kemudian melintang menutup separuh jalur tol A sisi timur. Akibatnya, Jalan Tol Semarang ABC macet total sepanjang hampir 10 kilometer.

Menurut petugas tol di lapangan yang berada di lokasi, truk kontainer dengan kabin warna hijau tersebut mengalami kecelakaan di Tol Tembalang saat melakukan perjalanan dari arah Kaligawe Semarang menuju arah Tembalang.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Namun, begitu sampai di tanjakan antara Jatingaleh dan Tembalang, tepatnya di KM 430, truk tersebut diduga tak kuat menanjak, lalu oleng dan melintang di jalan.

Baca juga: Arus Penumpang Lebaran di Bandara Ahmad Yani Semarang Naik 95 Persen

Tak Ada Korban

Tak ada korban pada peristiwa tersebut. Tapi imbasnya, Jalan Tol Semarang ABC macet total di ruas antara Jatingaleh hingga Krapyak. Arus kendaraan nyaris berhenti total. Hanya sesekali saja kendaraan bisa bergerak sangat pelan tapi kemudian macet lagi.

Dari pantauan di lapangan, ekor antrean kendaraan mencapai pintu masuk tol di Krapyak Semarang yang jaraknya hampir sepuluh kilometer dari lokasi truk melintang.

Pengendara Macet Satu Jam

Seorang sopir truk box yang terjebak macet, Nur (40), mengatakan ia harus menempuh lebih dari satu jam dari Krapyak sampai Jatingaleh. Padahal biasanya tak sampai 10 menit.

"Satu jam lebih tadi macetnya. Kalau saya terusin lewat tol bisa dua jam. Ya mendingan exit di Jatingaleh saja dan masuk jalan arteri. Meski macet juga karena imbas banyak kendaraan yang memilih opsi sama, tapi tak sepanjang yang di tol," katanya.

Hingga sore ini kemacetan masih terjadi. Petugas dari Jasa Marga dan kepolisian sedang berupaya mengevakuasi truk kontainer dari jalan tol dengan mengerahkan alat berat.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya