Yogyakarta Siapkan Lahan 2 Hektare untuk Atasi Masalah Sampah

TPST Piyungan, Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah menyiapkan lahan seluas dua hektare untuk dipakai sebagai lahan pengolahan sampah. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi masalah sampah di Kota Yogyakarta.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengatakan bahwa sesuai dengan RTRW di DIY maka lahan yang disiapkan untuk pengolahan sampah berada di Kabupaten Bantul. Heroe menggarisbawahi jika lokasi yang disiapkan ini akan dipakai untuk pengolahan bukan tempat pembuangan sampah.

"Sesuai RTRW DIY (kawasan pengolahan sampah) di (Kabupaten) Bantul. Jadi kita mengikuti aturan RTRW, sekarang luasan (yang disiapkan) sekitar dua hektare," kata Heroe, Kamis 12 Mei 2022.

Pemkot Tangsel Tiap Hari Berjibaku Atasi 1000 Ton Sampah, Benyamin: Persoalan yang Serius

Ilustrasi sampah.

Photo :
  • Pixabay

"Kita sudah komunikasi dengan penduduk setempat dan InsyaAllah tidak ada masalah karena di sana tidak untuk membuang tapi mengolah (sampah). Sehingga tidak terjadi penumpukan (sampah)," sambung Heroe.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Heroe merinci lokasi pengolahan sampah ini akan mulai beroperasi tahun depan. Heroe menerangkan tahun ini Pemkot Yogyakarta baru akan melakukan pengadaan dan pembayaran lahan akan dilakukan tahun depan.

"Kita memang nantinya akan membangun pengolahan sampah sendiri untuk Kota Yogyakarta. Nah kita kebetulan tidak menjadi pilot project (pengolahan sampah). Kita harus membangun sendiri dengan anggaran yang memang cukup besar untuk bisa mengolah (sampah) menjadi energi listrik," ucap Heroe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya