Desa Besari dan Penduduknya Berpindah ke Alam Gaib, Cerita dari Lombok

Wilayah yang diyakini lokasi Desa Besari yang hilang
Wilayah yang diyakini lokasi Desa Besari yang hilang
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

VIVA – Pulau Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki banyak legenda dan kisah. Tidak sedikit kisah mistis di Lombok yang hingga kini masih diyakini masyarakat. Salah satunya adalah mengenai Desa Besari yang sebuah desa yang secara misterius hilang pada zaman dahulu.

Desa Besari dipercaya berada di Dusun Kertaraharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Desa dan penduduknya sesuai cerita para orang-orang di Lombok diyakini berpindah alam ke alam gaib.

Pemangku Adat Dusun Kertaraharja, Amiq Kholid mengatakan asal-usul hilangnya Desa Besari pada akhir abad ke 17. Saat itu Kerajaan Karangasem telah berhasil menaklukkan Mataram dengan mendirikan pusat kerajaan di Cakranegara Mataram.

Diceritakannya bahwa Raja melihat Kedatuan (Kerajaan) Besari sangat makmur dengan penduduk berniaga dan bertani. Mereka kemudian menawarkan kerja sama. Namun Datu (Raja) Besari menolak tawaran tersebut karena berpikir tidak menguntungkan bagi Kedatuan Besari.

Raja Karangasem diceritakan kemudian mengutus sebagian besar prajurit untuk menginvasi Besari. 

"Kemudian Datu Besari mengirim 100 hingga 200 prajurit untuk ke daerah pintu masuk kedatuan untuk bernegosiasi dengan Karangasem agar tidak terjadi pertumpahan darah," kata Amiq Kholid bercerita pada Rabu, 25 Mei 2022.

Tawaran perdamaian ditolak oleh Karangasem. Akhirnya, Datu Besari memerintahkan seluruh penduduk agar berkumpul membawa ternak mereka ke Kedaton.