Detik-detik Gempa M 6,5 Bikin Warga Maluku Cari Daratan Tinggi

Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gempa berkekuatan magnitudo 6,5 terjadi di wilayah Maluku Barat Daya (MBD) Provinsi Maluku, Jumat 27 Mei 2022 sekitar pukul 09.36.Wib. 

Pusat gempa tektonik tersebut terjadi pada Episenter dengan koordinat 8,58° LS ; 127,14° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 87 Km Barat Daya Maluku Barat Daya, Maluku dengan kedalaman 53 km. 

Hasil analisis BMKG yang diterima media ini menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,4.

Pantauan dari layar lokasi gempa bumi (Foto ilustrasi).

Pantauan dari layar lokasi gempa bumi (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

Menurut BMKG, memperhatikan jenis dan mekanisme gempa bumi, serta mengacu pada lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Di mana hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( strike-slip).

Guncangan gempa tektonik ini berdampak bahkan terasa hingga di Timur Leste dengan skala intensitas IV-V MMI ( Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun ) khussunya di daerah Alor dengan skala intensitas III-IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ) dan daerah Kupang dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). 

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 10.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock.