Kendaraan di Padang Mulai Gunakan Plat Seri Tiga Huruf

Aparat gabungan memeriksa dengan teliti setiap kendaraan yang masuk-keluar Bandara Internasional Minangkabau atau BIM di Padang, Sumatra Barat, pada Senin, 14 Mei 2018.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Plat kendaraan dengan seri tiga huruf di belakang angka, mulai diterapkan di Kota Padang, Sumatra Barat. Keterbatasan stok, menjadikan kota Padang prioritas utama penerapan kebijakan ini.

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

Dirlantas Polda Sumatra Barat Kombes Pol Hilman Wijaya menyampaikan, saat ini stok plat kendaraan dengan seri dua huruf di belakang angka sudah habis. Seiring itu, kebijakan penggunaan dengan seri tiga huruf pun diterapkan.

“Mulai diberlakukan. Hanya saja, stoknya masih terbatas. Sehingga kota Padang kita prioritaskan dulu. Kalau untuk plat seri tiga huruf sudah tersedia di Samsat,”kata Polda Sumatra Barat Kombes Pol Hilman Wijaya, Selasa, 31 Mei 2022.

Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ

Penggunaan plat kendaraan seri tiga huruf kata Hilman, juga merupakan upaya menghindari terjadinya plat nomor ganda. Dalam setahun, ada sekitar Sembilan ribuan kendaraan baru di Sumatra Barat. Potensi, plat ganda cukup besar. Maka itu, kita berlakukan yang seri tiga huruf.

Kota Padang.

Photo :
  • U-Report
Dukcapil DKI Catat Ratusan Ribu Warga Pemegang KTP Jakarta Tinggal di Bodetabek

Dijelaskan Hilman lagi, plat seri tiga huruf ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang baru atau kendaraan yang sedang mengurus penggantian plat baru alias sudah memasuki masa lima tahun.

"Kalau KTP Kota Padang, pengendaranya dan beli ranmor, maka plat nomor kendaraan yang akan keluar itu sudah seri tiga huruf. Tapi, luar dari KTP Padang, masih mendapatkan plat dengan seri dua huruf,”tutup Hilman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya